Thursday, 24 April 2014

Kartini Next Generation Awards 2014: First Formal Event with My Bebe Alone

Assalaamualaikum,
Halo apa kabar? Hari ini gue mau Share cerita dari Kartini Next Generation Awards 2014 (KNG  Awards 2014). Cerita ngebolang weekend lalu gue bakal ceritakan tapi nanti di postingan yang lain yah. 

Jadi minggu lalu ceritanya dapet invitation ke acara ini dari Echa walopun pada akhirnya ternyata ada invitation untuk member KEB (Kumpulan Emak-Emak Blogger). Tapi udah dapet duluan dari Echa. Makasih yaaa Echaa. Yopyu :*.

Gue seneng banget deh. Kenapa? Karena ada 3 member KEB yang lolos jadi finalis di event tahunannya Kementerian Komunikasi dan Informasi tersebut. Kartini Next Generation Awards adalah ajang untuk menemukan para perempuan Indonesia yang sudah memberikan kontribusi nyata dan perbaikan di bidang mereka masing-masing. Mereka yang sudah melakukan terobosan yang unik dan inovatif dengan memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Nah, hari itu emak blogger dateng buat ngasih semangat sama 3 emak hebat: Winda Krisnadefa, Grace Melia Kristanto, dan Mira Julia. Gue ceritakan secara singkat tentang mereka yah. 

Mak Winda atau yang dikenal dengan sebutan Emak Gaoel adalah penulis, novelis, blogger, dan menjadi founder serta penggiat dari komunitas Kampung Fiksi. Grace adalah blogger yang mendirikan komunitas online Rumah Ramah Rubella (RRR). Ia giat melakukan edukasi dan sosialisasi tentang TORCH karena terinspirasi dari putrinya yang memiliki kebutuhan khusus akibat Congenital Rubella Syndrome (CRS). Sementara Mira Julia adalah Ibu Rumah Tangga yang mendokumentasikan proses pendidikan anak dan melakukan edukasi mengenai pendidikan berbasis rumah melalui Rumah Inspirasi (rumahinspirasi.com). Ia pun secara periodik mengadakan seminar online (webinar) yang diikuti keluarga-keluarga di Indonesia bahkan luar negeri.

Wow! Keren banget kan emak-emak ini!

Nah jadilah hari Selasa itu gue jalan berdua aja sama si Bebe karena Hubby kan kerja. Agak deg-degan karena ini pertama kalinya dateng ke acara formal berdua aja. Biasanya selalu ada Hubby jadi kalo ada apa-apa gue ada temennya. Dan entah kenapa kalo ada kita berdua si Bebe tuh cenderung lebih tenang daripada sendirian. Yah biasalah anak-anak kan suka bosan kalo diajak ke acara formal.

Kalo nyetir dari rumah ke Jakarta berdua sekarang udah biasa. Hari itu juga alhamdulillah si Bebe tidur jadi dia ga cranky karena perjalanannya lumayan macet. Venue acaranya di Hotel Bidakara Jl. Gatot Soebroto dan gue belum pernah ke sana. Kata Hubby hotelnya agak masuk ke dalam tapi alhamdulillah ga kelewat (males banget gitu ya kalo kelewat puter baliknya :p). Pas sampe juga acaranya makan dulu jadi si Bebe langsung lahap deh makannya ;). Alhamdulillah lagi..

Setelah selesai makan, acara dimulai dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama-sama. Duh, terakhir nyanyi lagu kebangsaan kapan yah? Rasanya haru deh nyanyiin berbarengan gini. Kerasa banget gitu nikmatnya merdeka, dan dengan para inspiring women yang hadir. Don't you feel inspired? Well I am. Benar, saat ini negara kita tidak pada stage yang banyak orang inginkan. Tidak ideal benar. Tapi hal-hal seperti ini mengingatkan kita bahwa kita masih punya hal yang baik-baik lho. Kita pasti bisa jadi lebih baik lagi :).


Menyanyikan lagu Indonesia Raya dipimpin dirigent yang berdiri di panggung depan.



Setelah sambutan, acaranya diikuti talkshow yang dipandu sama Arzetti Bilbina. Narasumbernya adalah Petty Fatimah (Pemred Femina), Anne Avantie (fashion desainer), Hera Laksmi (Indosat) dan Jenny Lee.



Anne Avantie.


Dari kesemua narasumber, gue paling terinspirasi sama Anne Avantie. Ceritanya mengenai pengalaman hidup dan kesuksesannya bener-bener inspiratif. Anne itu tidak lulus SMP dan nggak malu dengan kenyataan itu. Menurutnya, jangan pernah berpikir bahwa jika kakek, anak dan cucu sama-sama jelek maka itu biasa. Atau ketika kakeknya profesor, anaknya doktor dan cucunya dokter itu sudah pantesnya begitu. 

Anne yakin, ketika ada pohon yang tumbuhnya kurang baik, kita selalu bisa memotong tunasnya lalu tumbuh di lahan tanah yang baru dan menjadi baik. Ia bercerita dirinya  tidak bisa menjahit, tidak bisa membuat pola, tidak bisa menggunting, namun ia memilik passion di bidang fashion. 

Ia berimajinasi mengenai rancangannya dan kemudian jadilah kebaya-kebaya yang banyak ditiru orang. Menurutnya ia memilih berdamai dengan orang-orang yang menirunya karena itu tidak menurunkan harga rancangannya. 

"Sukses itu adalah gabungan antara garis vertikal dan horisontal. Kita harus berhubungan baik dengan Tuhan dan begitu pula berhubungan baik dengan manusia." Katanya.

Sebenernya gue takjub juga sih ya gue bisa mendengarkan talkshow, karena ketika talkshow berlangsung ada beberapa kejadian yang buat gue pribadi sebenernya bikin ngikik tapi takutnya mengganggu buat orang lain.

Jadi pas duduk itu si Bebe kan udah menyentuh banyak hal. Awalnya cuma corat-coret pake pensil dan notes yang disediakan. Kemudian ganti corat coret pake tablet. Kemudian main game breakfast maker dan ngotot pengen ada suaranya. Dan kemudian dia udah mau nyentuh video-video soundtrack film Frozen. Waduh gaswat! Si Bebe kalo udah nonton videonya apalagi yg "Let It Go" sama "For The First Time in Forever" pasti langsung nyanyi dan nari-nari *tepokjidat*.

Akhirnya gue tawarkan minum aja karena ada beberapa gelas dan air mineral botol. Yeah, dia suka banget ngisi air dari satu wadah ke wadah lainnya. Si Bebe mau minum dan ngisi gelas. Tapi kemudian dia ngambil pensil dan mengetukkan pensil di gelas dan cekikikan tiap denger suara "Tingg!" Rupanya dia lagi meniru adegan kakak-kakak di Hi 5 yang latihan nyanyi opera pake gelas-gelas yang diisi air dlm jumlah berbeda yang kemudian ketika diketuk tiap gelas menimbulkan tinggi nada yang berbeda, sambil dia ngikutin nadanya, "La.. la.. la.. la..."

Bener aja, si Bebe langsung nyanyi, "La..la.." hahaha... dan mamanya nyuruh dia diem bilang "Sst.. Ga boleh keras-keras ya." Trus si Bebe bilang, "Ups, I'm sorry Mama. I'm really sorry." Tapi kemudian dia main lagi. Hahaha gubrak xD.

Akhirnya dengan niat mengalihkan perhatiannya gue ngajakin dia selfie. Dia kan suka liat wajahnya di kamera. Hihihi.

Atas: si Bebe main gelas. Mungkin yang liat mikirnya, ni emak-emak bukannya suruh diem malah difoto-foto :D
Bawah: diajakin selfie dan dia nurutin aja. Wkwkwk...


Setelah itu gue ingat di goodiebag tadi ada lipbalm dan Bebe kan suka banget mainin kosmetik emaknya. Jadi yang biasanya emaknya rada-rada ga rela gitu berantakan, kali ini dengan senang hati emaknya ngasih. Lagi lipbalm kan ga ada warnanya. Langsung deh tu lipbalm dia mainin. Nih liat mukanya seneng banget. Hahaha...

Oiya, di event ini juga gue ketemu sama member KEB yang lain dan kopdar itu seruuu. Sayang ga bebas moto-moto karena bawa Bebe jadi gabisa mondar-mandir. Tapi it's okay lah ;)

Selfie sama Khalida Fitri ^^.

Foto sama Makpon KEB
Kanan: Mak Indah bawa spanduk ngedukung Grace :D

Seru banget deh kalo kumpul sama emak-emak blogger ini. Sayangnya jam 5 sore gue pulang duluan. Hubby jemput sepulang dari kantor dan kami mutusin pulang. Hubby emang kurang enak badan hari itu. Kami mutusin pulang lewat tol dan ternyata keputusan tepat karena tolnya lancar. Hari itu juga beberapa temen yang update status di socmed setelah jam 6 pada bilang lalu lintasnya macet banget.

Karena pulang duluan, gue jadinya ga nonton penyerahan Award. Ini adalah foto para pemenang dan finalis yang gue dapet dari facebooknya Mak Winda

Courtesy of Winda Krisnadefa.
Ternyata Grace mendapatkan penghargaan khusus untuk perempuan pembawa perubahan. Sementara mak Mira Julia mendapat penghargaan perempuan pembawa perubahan kategori pendidikan. Pemenang yang lain adalah Nancy Margried sebagai perempuan pembawa perubahan di bidang bisnis, Intan Anggita Pratiwie sebagai perempuan pembawa perubahan di bidang seni dan budaya, dan Wilda Yanti sebagai perempuan pembawa perubahan di bidang kesehatan dan lingkungan.


Selamat yaa buat para pemenang dan para finalis! Semoga yang kalian lakukan dicatat sebagai amal baik dan dapat menginspirasi para perempuan lainnya. Aamiin..

Oia, sepanjang jalan si Bebe cerita sama Papanya kegiatannya tadi. "Aiya suka di tower (sebutannya buat gedung) Papa. Tadi Aiya main La... laa..la... trus Aiya main lipstick, trus ada cake juga Papa. Enak cake-nya."

Hihihi... ternyata Bebe seneng diajak ke acara itu. Ayo deh kapan-kapan kita dateng acara berduaan lagi yah ;). Walopun Mamanya kudu pinter-pinter supaya si Bebe ga bosen, tapi overall ngajak ke acara formal perdana ini lancar lho. Alhamdulillah... 

Sampai jumpa di postingan berikutnya ya teman-teman :).


22 comments:

  1. Replies
    1. Iya mbaa... yuk ikutan mba kl lg main ke jkt ^^

      Delete
  2. Bebe pakai baju formal juga. Lucuu!
    Seru acaranya ya, Mba. Apalagi lihat Mak Indah bawa spanduk, heboooh pasti.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu maak... hihihi mak indah emang tiada duanya (kayak iklan kijang :D)

      Delete
  3. gak sia-sia datang ya, member KEB ada yang menang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya alhamdulillah ya mbaaa ikut senang deh walopun cuma nonton:))

      Delete
  4. wah keren bgt acaranya dan perdana berduaan bebenya sukses ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba fit alhamdulillah.. lumayan nih mba jadi lebih pede jadinya kalo jalan berdua aja. Hehehe

      Delete
  5. Mbak Miaaa,,, senengnya bisa ikut event-event seruuuuu...
    kayaknya aku harus nikah dulu nih biar bisa maen pas weekdays, hahahah

    Mbak Miaaa.. i miss youuuuu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... bisa aja Yu. Nanti tak temenin deh xD. Miss u too ayuuu dah lama ngga posting dirimu.
      Kapan2 kl weekend ada event keren kita ketemu yuk

      Delete
  6. Bebe lucuuuuu, bikin gemes :D sini sini tante cubiiiit hihihi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkwk... mamanya juga lucu kok iniih :p

      Delete
  7. iriii...aku dong belum pernah kopdar sama bloger2..huhuuu..apalagi sama emak di KEB
    btw, si bebe bisa gitu duduk manis meskipun tangannya ga bisa diem. kalo anaku udah lari kemana-mana kalii...hihihi..
    ada yg sama lagi, rambutnya bebe juga mirip anakku. umur brp mba? anaku 4,5 taun tp masih juga minimalis dia punya rambut. padahal udah aku kasi macem2 yg dibilang orang. tapi tetep segitu2 aja.. *curcol*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayu atuh mbaaa kopdaran kitaaa ^^
      Waa toss duluuu. Wkwkwk... anakku umur 3 tahun, dulu pernah juga dikasi lidah buaya malah merah2. Kalo wktu kecil emg suka biang keringat jd jarang aku kasih macem macem. Paling cuma hair lotion.
      Memang aku dan suami waktu kecil rambutnya juga minimalis mba... jadi sedikit predictable gitu Bebe rambutnya minimalis juga:D. Masih blom bisa nguncir2 nih mbaa.. wkwkwk.. gapapalah yang penting sehat dan soleh mba. Aamiin

      Delete
    2. achsoo.. rambutku dan suami juga gitu sik waktu kecil..hihih..tp skrg udah santai aja..cuma kasian anaknya, kadang suka digodain orang. pdhal skrg udah lumayan bisa dikuncir 2, meski susyaaah dan butuh perjuangan..haha
      maulah kopdar..smoga ada jodoh yaaa...aamiin..

      Delete
    3. Hahaha... anakku juga pernah beli majalah princess n ada hadiah kunciran rambutnya trus pingin dipake. Iya bisa sih cm kecil banget ikatannya. Tapi dia seneng banget dan muter muter cantik gitu. Hihihi... aamiin moga2 berjodoh kita kopdaran ya mbaaa sama keb juga :)

      Delete
  8. Hihihi lucu bayangin Bebe kalau sampai nari-nari di acara

    ReplyDelete
  9. makasih mak, udah berbagi tentang anne avantie.. inspiratif..
    tapi saya ga kbayang klo dateng ke acara ky gini berdua aja sm anak.. hebat! :)

    ReplyDelete
  10. Ish bebe lucu banget pake baju model kebaya gitu Mbak Mia..
    mukanya ituloh pas pake lipgloss girang banget... mau jadi beauty blogger ya dek x)))

    ReplyDelete
  11. Aih...aira lucu banget dan pinter nggak rewel. Berarti sukses nih bw aira ke acara formal tanpa hubby

    ReplyDelete
  12. seneng bisa hadiri event2 kek gini yaaa...
    Airaaaaaa.....lutunaaaa

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...