Monday, 22 September 2014

Female Daily Blogger Workshop : Your Blog is Your Portfolio

Assalaamualaikum,

Bagi kalian yang sempat membaca posting terakhir saya mengenai event Blogger Workshop yang diadakan oleh Female Daily, saya bawa oleh-oleh nih dari workshop tersebut. Hmm, acara yang diadakan pada 20 September 2014 lalu di ArtOtel ini padat dan bermanfaat. Yuk, kita mulai aja ya.

Mari kita mulai tulisan ini dengan tebak-tebakan. Dengan melihat foto baju di bawah ini, apakah kamu bisa menebak harga bajunya kira-kira berapa?

Spongebob Dress. Yay or Nay?
Jeremy Scott's Fall 2014 RTW Collections for MOSCHINO.

Pertanyaan tersebut adalah pertanyaan yang diajukan Marischka Prudence atau yang biasa disapa Prue pada audiens workshop saat itu. Prue adalah mantan Jurnalis dan anchor TV yang sekarang menjadi travel blogger kondang. 

Berhubung saya udah pernah lihat baju itu sekilas dan tahu kalau itu bikinan rumah mode ternama di dunia, saya iseng saja menebak kalau harganya Rp 10 Juta rupiah. And you know what? Ternyata tebakan saya benar! Hehehe.. saya mendapat hadiah kaos lucu dari Prue. Ini dia kaosnya,

Terima kasih ya, Prue :).
Lalu apa sih hubungannya tebak-tebakan harga baju dengan blogging? Ternyata Prue hendak berbagi kepada kami, bahwa dalam dunia blogging memiliki reputasi yang bagus adalah suatu keharusan. Bagi orang biasa, creating a spongebob sweater-dress maybe is a Nay! Tapi jika rumah mode kenamaan seperti Moschino yang membuatnya, orang bisa saja percaya. Semua karena reputasi yang bagus. Jika kita ingin blog kita menjadi bagus, maka perlakukan blog kita sebagai sebuah brand.

Why so serious? 
Tentu saja karena sesi pertama ini diberi judul: Making Money from Your Blog. It's about making money, of course we have to take it seriously.


MAKING MONEY FROM YOUR BLOG

Prue memakai kaos bertuliskan nama blognya sendiri:
Life is An Absurd Journey.

Salah satu cara melakukan branding.


Selain Prue, juga hadir Fashion Blogger yang juga Mommy Blogger Fifi Alvianto (the-alvianto.com), Travel Blogger, Saphiera Zoelfikar (indohoy.com) serta Blogger yang sekarang menjadi CEO Female Daily Network, Hanifa Ambadar.


Hanifa Ambadar, Marischka Prudence, Fifi Alvianto, dan Saphiera Zoelfikar.

Ada banyak materi yang disampaikan, namun saya akan merangkum garis besarnya saja ya.


Branding Your Blog: Define Your Character.
Temukanlah hal yang kamu sukai terlebih dahulu lalu fokus di situ. Jika kamu suka travelling, tulislah tentang travelling. Jika suka makan, tulislah review makanan atau review restoran. Jika kamu benar-benar menyukai yang kamu tulis, maka pembaca pun akan merasakan sensasi dari tulisan kamu.


Konsistensi
Hampir semua pembicara hari itu mengulangi kata yang sama ini. Ngeblog-lah dengan konsisten untuk terus mendatangkan traffic pada blog, membangun konsistensi pada pembaca setia, dan otomatis membuat blogmu lebih dikenal. 

Fira dan Mumun, partnernya di indohoy.com menjadwal postingan setiap bulan, dan Prue membuat target 4 sampai 9 postingan setiap bulannya. Ini jadi menyadarkan kita dengan pertanyaan,"Kalau kamu kapan terakhir kali posting?" Hehehe... 

Ayo yang malas nge-blog, nge-blog lagi. Yang belum bagus trafficnya semoga tambah banyak pageviews-nya. Yang sudah beken, pembaca biasanya nunggu banget postingan-postingannya. Saya juga suka kangen lho sama postingan blogger-blogger favorit :D.


Your Blog is Your Portfolio
Blog kita adalah tempat kita menuangkan siapa diri kita, passion, dan keahlian kita dalam melakukan sesuatu. Pada akhirnya, blog kita akan memperlihatkan kompetensi kita di suatu bidang yang menjadi value bagi orang yang ingin mempekerjakan kita atau menginginkan kita untuk bekerja sama dengan mereka.


Just Be Yourself
Jangan pernah lupa untuk menjadi diri sendiri. Jangan mencontek tulisan orang lain karena akan mencoreng reputasimu sendiri. Dan jangan pernah takut untuk menceritakan persaan kita mengenai sesuatu. Menceritakan perasaan akan membuat blogmu terasa lebih personal bagi para pembaca setia. 

Ayo, jangan berusaha menjadi orang lain ya. Being the best version of yourself pasti lebih membanggakan. Lagipula, ini kan blog kita. Rugi banget ya, kalau kita jadi orang lain. Hehehe...


Engage The Audience of Your Blog
Kita bisa mengiklankan blog kita di berbagai social media yang kita miliki. Namun jangan lupa, jawablah semua komentar dan masukan. Bersikaplah peduli terhadap para pembaca atau followers kita. Ini akan membuat para pembaca akan selalu kembali untuk membaca blogmu. Ini memang tampak merepotkan, tapi harus dilakukan agar blogmu selalu dikenal. 

Iya benar juga sih. Lagipula, jika ada yang menanyakan atau berkomentar sesuatu di blog kita, itu artinya hal yang kita posting memang berguna. 


Work Smart, Work Hard
Kalau kamu masih berpikir, "Kenapa sih, serius banget? Ini kan cuma blogging?" Itu adalah pikiran yang salah.

If you want to monetize your blog, you have to work smart and work hard. Menurut Fira, indohoy.com awalnya berjalan dengan melakukan perjalanan menggunakan uang pribadi. Namun seiring berjalannya waktu, mereka kemudian merasa melakukan perjalanan seperti ini membuat mereka tidak bisa menabung. Dari situlah kemudian mereka mulai membuka celah agar bisa bekerja sama dengan pihak ke tiga. 

Begitu pula yang dilakukan oleh Fifi. Fifi awalnya bekerja di sebuah TV swasta, namun ia merasa tidak kerasan dengan pekerjaannya. Yang ia selalu lakukan hanyalah blogging, sehingga kemudian ia resign dari pekerjaannya. Setelah resign, kemudian ia berpikir untuk membawa hobi bloggingnya ke level yang lebih tinggi, yaitu dengan membuat perusahaan fashion hijab dan membuat perusahaan penerbitan majalah fashion.

Lain lagi dengan Hanifa Ambadar. Hani saat itu mengajak temannya Affi Assegaff untuk bergabung dalam fashion blognya, lalu mereka melihat peluang jika blog mereka dijadikan portal berita dan forum. Kemudian lahirlah Female Daily Network seperti sekarang.

Wow. Jadi kalau mau menghasilkan uang dari nge-blog, kita harus melakukan langkah lebih untuk mencapai itu. Nggak boleh lagi santai-santai apalagi membiarkan blog berjamur sampai berbulan-bulan ga diposting. Hihihihi...


BLOG MEETS BRAND

Di sesi ke dua hadir Emily Quak (Malaysian Beauty Blogger, emilyquak.com) dan Simon Torring (Head of Content Luxola).

Emily Quak, Simon Torring, dan Miund.
Menurut Simon, adalah hal yang penting bagi brand jika blogger yang dipercaya untuk menulis tentang produknya itu memiliki trustworthiness yang baik dan juga traffic yang bagus. Ia tidak mungkin mempercayakan brand-nya pada blogger yang jarang update tulisan.

Sementara itu bagi Emily, penting baginya untuk menjadi blogger yang bisa dipercaya dan memiliki reputasi. Sebagai beauty blogger, ia berpikir tidak perlu untuk mengungkapkan hal-hal yang baik saja mengenai suatu produk. Bagaimana pun blog kita lebih berharga, dan pembaca juga bisa mengenali apakah seseorang hanya memuji-muji produk saja atau memang benar-benar me-review produknya. Selain itu, menurutnya tidak semua brand kok mau mendapatkan review yang bagus. Mereka senang jika kita bisa mengungkapkan kekurangan dari produk mereka.

Sekali lagi, di segmen ini saya mendapat nasihat yang sama,  Simon dan Emily mengungkapkan bahwa blog kita adalah portfolio kita. Brand bisa melihat apakah blog kita sebenarnya bisa membantu mereka atau tidak.


WORKSHOP: HOW TO WRITE ATTRACTIVE CONTENT


Selain 2 sesi conference, ada juga workshop yang digelar di sore hari. Workshop ini menghadirkan Leila Sefira, CCO Majalah CLEO Indonesia. Di sini saya mencatat beberapa poin penting dalam menulis.

Aturan pertama menulis konten yang menarik adalah: Know Your Readers dan tulislah apa yang ingin kamu baca, jika kamu jadi mereka. Tulislah secara detail, tapi jangan terlalu detail. Hilangkanlah kata-kata yang mengganggu saat kita membaca seperti singkatan HBD, WYATB, BRB dan lain-lain. Tulisan-tulisan seperti itu sangat mengganggu dan tidak dapat diterima. 


Foto bersama dulu sama Leila Sefira dan para peserta workshop 1.

Sebenarnya setelah sesi ini masih ada sesi workshop fotografi bersama Raiyani Muharramah dan seru sekali karena kami harus berburu foto ke berbagai penjuru ArtOtel. Sayang saya tidak punya foto bersama workshop tersebut di sini :(.

Sebelum pulang, pastinya kita wajib foto-foto dulu dong.

Me and Ayu with Mba Hanifa Ambadar. 

With Fifi Alvianto.

Narsis bareng bersama Marischka Prudence.

Di Wall of Fame #FDBloggerworkshop bersama Mba Desy, Ayu dan Mak Isti.


Left: Coincidentally met up with Yulia.
Right: Me with Ayu.

Got interviewed by Fahmi for Antara TV.

My Outfit of The Day:
Checkered Pants - The Executive
Top - Restu Anggraini
Wedges - GOSH

I'm Kind of A Big Deal on My Blog! :D

Terima kasih, Female Daily! Acara Blogger Workshop kali ini benar-benar seru. Lelah sekali karena acaranya seharian tapi sangat menyenangkan dan memberikan inspirasi. Semoga lain kali acaranya diadakan lagi ya ;).

So, pelajaran hari itu adalah: 


Your Blog is Your Portfolio. 
Either write something worth reading 
or do something worth writing. 
#FDBloggerWorkshop



Wassalaamualaikum.


32 comments:

  1. wow,nggak ikutan workshopnya tapi suer deh mbk dapet banyakkkkkkkkkkkkkkkk banget ilmu disini,makasih banyak buat sharingnya ^^
    seneng banget bisa foto sama fifi^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillaaah... hehehe... iya mba hana, pembicaranya baik baik bangeets :))

      Delete
  2. thank u mak :*
    bermanfaat bgt deh reviewnya ini :)

    ReplyDelete
  3. Mak Mia keren banget, udah langsung update blog! Oya, Mak, untuk melengkapi tulisannya, karena disitu Mak Mia menulis alamat web tiga pembicara pertama, mungkin alamat blognya mba Hani bisa sekalian ditulis : www. hanzky.com. Walopun udah mengelola femaledaily, Mba Hani masih inget untuk update blog pribadinya. Menurutku itu patut diapresiasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oiyaaa ketinggalaan... hehehehe... makasih ya tambahan infonya mak isti :*

      Delete
  4. Eh, ternyata Mia yang berhasil nebak 10 jeti, ya? Hehehe. Congratz! Kausnya keren!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak Haya... hehehehe... coba dpt 10 jetinya yah #eh xP

      Delete
  5. huwo huwoooo..... lihat ceritanya aja bikin pengen gini... banyak banget ilmu yang didapet. dan kapan kamu terakhir apdet blog ? haha ini mah jleb pisan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa banyak ilmu yg didapet mbaaa... yuk kl ada evnt lagi ikutan yaa ^^

      Delete
  6. nggngngngng...tertampar! uda jaraaaaaang posting..hahahaha....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbaaa dirimu tuh postingannya banyak yg bikin tertampar lhooo... ngubek2 blogmu gegara giveaway nyonya besar. Hahahaha

      Delete
  7. workshopnya keren banget ya, Mak Mia.

    Mak Mia juga keren artikelnya.

    ah,,saya belom bisa bikin tema buat blog, masih suka begitu :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mak noviii keren acaranya. Kapan2 ikut yuks kl ada lg

      Delete
  8. Halo Mbak Mia,

    Salam kenal! Aku juga ikut acara ini, sayangnya gak bisa ikut workshopnya.
    Dari acara kemarin jadi makin semangat bikin blog lagi yaa hehehe.

    www.missgrangerwannabe.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betuuulll jd tambah semangat yaaaa ^^

      Delete
  9. waaaahh punya mba Mia lengkap banget, fotonya juga bagus-bagus deh kereeeeen :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mamaciih ditaaa... punyamu juga kereen ^^

      Delete
  10. Wuah dapet pelajaran baru. Foto2nya keren euy. TFS ya Mia ^_^

    ReplyDelete
  11. Haaayyy mba Miaa..
    akuu juga dateng ke acaranya tapi sayang gak bisa ikut yg workshopnyaa soalnya keburu keabisa hiks..
    tampaknya workshop menarik jjuga..
    kalo ada acara sejenis seruu kali yaa kita ketemu mba :)

    salam kenal yaaa ...

    www.gulanyagulali.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo mba Windaa... salam kenal juga ya ^^ iya workshopnya menarik, yuk kapan kapan kita ketemuan :))

      Delete
  12. Waaa.. suka bgt isi workshopnyaaa..
    aku juga lagi pingin nulis fokus di satu tema kok ya selalu ngelantur kemana2 hihihi..

    btw aku suka bgt penerapan watermarkmu dehh.. kereeen

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaa ada bebenyabubu di sini... aku sukaa potonya bagus bagus bangeeet ^^... makasih mbaa :), sama aku pun kadang masih melantur. Wkwkwkwk

      Delete
  13. thank you Mia for sharing. Itu pasti diwawancara ama temen seangkatan yang kerja di antara ya? heheheh modus yang sama kok, biasa pikom tea. hhhhmmmmm tulisanku ada dihatimu kah wkwkwkkwkwkkwkwkwkkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha.. tau aja teh Nita. Ngalamin juga yah? XD ada doong. Tulisanmu selalu di hatiku. Ahayy

      Delete
  14. Dulu saya gak mau jadiin blog buat usaha. Etapi tiga tahun ini lagi ngeboom ya dapet duit dari blog :D ah yaudah nyemplung aja sekalian hehehe. blog saya udah satu tema belon sih? tentang bandung sih tapi cakupannya luas banget yah. blog mia udah cocok sih, fashion kan ya?

    ReplyDelete
  15. Saatnya pakai hestek #SeriuosBlogger, mba. :D

    ReplyDelete
  16. waktu tau FD ngadain acara ini sebenarnya pengen banget ikutan. tp apa daya, kalau weekend susah dateng ke acara2 karena biasanya it's time for family :) thankss mia udah sharing kesimpulan dari workshopnya. sampe skr blogku masih utk sharing aja, blm di berdayakan utk making money. padahal seru yaaa kayaknya klo bs dapet duit dr blog :D

    ReplyDelete
  17. eta perasaan kenal sama yang ngewawancara, hahaha... Ecie, masuk tipi nih yeee...ihirrr.. Gw sendiri udah mulai jarang posting da, jadi malu sama dirimu yang selalu apdet, hehehe

    ReplyDelete
  18. Thankkksss sharignya, Mia!! Dulu juga pengen ikutan ini tapi workshopnya udah fulll...
    Alhamdulillaaah dapet 'isinya' di sini ;)
    BTW nice blogggg!!!

    ReplyDelete
  19. Wah mba Mia makasih sharing dan foto-fotonya.
    Kemarin memang acaranya seru, tapi agak sayang aja pas acara workshop karena audio tabrakan jadi agak gak fokus,
    Aku ijin copy fotonya yah.

    Makasih mba :)

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...