Thursday, 11 December 2014

Soothe and Glow Seahorse: Persembahan Fisher-Price untuk Tidur Berkualitas Si Kecil

Assalaamualaikum,

Mommies, ada yang pernah kesulitan menidurkan anaknya? Pasti kita pernah mengalami ya namanya bocil kita susah banget tidur. Apalagi di satu bulan pertama punya anak,  sepertinya Mama Papanya udah kayak zombie karena ikutan nggak tidur. Hahaha...

Memang setiap anak berbeda ya. Ada juga yang tampaknya anteng banget tidur dengan tenang. Sayangnya waktu masih bayi si Bebe enggak gitu. hihihihi... Lewat usia satu bulan saya mulai menemukan ritme tidur si kecil. Walau begitu, tetap saja ada saat-saat sleepless nights itu, apalagi jika si kecil lagi pilek atau demam.  

Di keluarga kami, ritual menidurkan anak selalu berkaitan dengan Papanya. Kalau ditanya resep menidurkan bocil, saya bakal otomatis menunjuk Hubby dan bilang, support dari Hubby. Bersama dia, keluarlah semua jurus andalan untuk menidurkan. Dari mulai digendong sambil diempluk-empluk, mimi, dinyanyikan, baca shalawat, diredupkan lampu, atau akhirnya menyerah gantian menggendong dalam diam *dan mata diganjal pake korek api*.

Proses menidurkan yang cukup berat seperti itu membikin saya bertekad untuk membuat jadwal tidur kami sekeluarga bisa barengan. Saya termasuk ibu yang tidak mau susah dalam menidurkan si kecil. Maksudnya, saya maunya si kecil bisa tidur dengan cara yang bisa saya toleransi. Saya ingin tidur dengan cukup, dan saya ingin Hubby juga tidur cukup supaya ia segar saat pergi ke kantor. Saya juga berpikir tidur adalah sesuatu yang nantinya akan menjadi kebiasaan bagi anak, saya ingin proses menidurkan menjadi mudah untuk si kecil dan juga saya. 

Lewat satu bulan, setelah saya mengetahui kebiasaan tidur si Bebe, saya mulai menerapkan beberapa kebiasaan. Misalnya, saya tahu jika si Bebe tidur pukul 17.00 atau 18.00, maka ia akan terbangun pukul 22.00 atau 23.00. Ini adalah saat yang salah untuk tidur buat si Bebe. Maka biasanya saya akan berusaha menidurkannya saat pagi dan siang hari, supaya ia tidak tertidur sore hari. 

Saat paling tepat untuk tidur buatnya adalah pukul 20.00 atau 21.00. Kalau tidur jam segitu, saya bisa tidur bersamanya sebelum ia terbangun lagi pukul 2.00 atau 3.00 karena pipis atau ingin mimi. Jadi pada saat dia terbangun, saya sudah merasa cukup tidur dan cukup segar untuk menggendongnya atau mengajak bermain sampai ia tertidur lagi sekitar pukul 6 pagi. 

Jadi buat saya, menidurkan adalah tidak semata-mata proses menuju tidur, tapi proses menerapkan kebiasaan setiap hari. Tampak agak ribet yah, tapi pada akhirnya saya bisa menikmati hasilnya karena si kecil menjadi terbiasa dan kami bisa tidur bersama dengan nyenyak. Hehehe..

Setelah disapih, ritual menidurkan awalnya agak berat karena penyapihan (baca ceritanya di sini). Si Bebe biasanya digendong Papanya untuk tidur karena marah enggak bisa mimi. Setelah beberapa hari, saya biasakan memeluknya di tempat tidur sebelum bobo. Saya mengajarkan doa sebelum tidur, mengucap selamat malam dan I love you. Saya ingin ia tahu walau sudah disapih, saya tetap menyayanginya dalam bentuk yang lain. Awalnya tentu saja susah, tapi lama-lama dia mau menerima penyapihannya dan mengerti kalau sudah begitu, maka sudah waktunya untuk tidur. 

Tentunya proses menidurkan anak tidak selalu mulus. Kadang masih ada saja waktunya begadang dan si Bebe enggak mau tidur. Kebetulan pada tanggal 27 November 2014 lalu, saya dan para Mommy Bloggers diundang ke acara peluncuran Fisher-Price Soothe & Glow Seahorse di Toys Kingdom Grand Indonesia, Jakarta. Katanya mainan keluaran terbaru dari Fisher Price ini bisa membantu anak untuk tidur. Saya pun jadi penasaran deh pengen tau lebih banyak tentang mainan ini.

Kiri: Sebelum acara dimulai, anak-anak bisa bermain-main dan mencoba semua produk Fisher-Price.
Stand-nya langsung diserbu oleh para bocil. Hihihihi.
Kanan: Produk Soothe & Glow Seahorse dari Fisher Price berwarna pink. Lucu ya?



Acara ini menghadirkan Tan Shu Mei (Senior Brand Manager - Infant & Pre School, Mattel Southeast Asia), Vera Itabiliana Hadiwidjojo, Psi. (Psikolog Anak) dan Cathy Sharon (Brand Ambassador Fisher-Price Indonesia).

Tan Shu Mei, Vera Itabiliana, dan Cathy Sharonn.
Menurut Mbak Vera, tidur sangat penting untuk anak-anak usia dini. Anak-anak usia 1-18 bulan membutuhkan setidaknya 15-18 jam tidur setiap hari. "Tidur berperan penting untuk aktivitas otak dan kesehatan mental bayi karena dapat mengoptimakan perkembangan otaknya. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa otak secara aktif menstimulasi diri kususnya saat terjadi REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur aktif."

Nah, kalau kita melihat anak kita tidur dan matanya seperti bergerak-gerak (REM), berarti ia sedang berada pada fase tidur aktif yang sangat penting bagi si kecil. Wah ternyata tidur itu penting banget ya buat perkembangan si kecil. Untuk info kebih lengkap mengenai manfaat tidur untuk si kecil, Mommies bisa klik link di sini.

Menyadari pentingnya tidur pada anak, para orang tua biasanya melakukan berbagai cara agar anaknya mendapat tidur yang cukup. Menurut survey yang dilakukan Fisher-Price pada 690 responden, 41% orang tua menidurkan anaknya dengan membacakan cerita sebelum tidur, 43% dengan cara menggoyangkan anak, dan 21% menidurkannya dengan memainkan musik.

Meski demikian, tetap saja banyak orang tua yang mengeluh dan frustasi karena sulit menidurkan anak mereka. Di antaranya adalah Cathy Sharon. Ia mengakui bahwa kadang anaknya, Jacob, masih sulit untuk tidur. Untuk menidurkan anak, Mbak Vera memberikan beberapa tips penting.

Ibu Harus Santai
Menurut Mbak Vera, hal pertama yang harus dilakukan saat menidurkan adalah Ibu harus merasa santai dan tenang. Jika Ibu gelisah, maka anak akan terpengaruh dan malah lebih sulit tidur. 

Aturlah Waktu Tidur yang Tetap
Para ibu harus mengatur waktu yang tetap untuk anak tidur. Meski begitu, mereka juga harus cukup fleksibel agar anak-anak juga bisa menemukan waktu yang tepat untuk mereka tidur. Tujuannya adalah waktu tidur yang rutin.

Ciptakan Suasana yang Menenangkan 
Dalam suasana yang tenag, anak bisa tidur dengan lebih mudah. Atur agar suhu ruangan terasa nyaman bagi anak. Redupkan cahaya untuk membuat matanya rileks dan mainkan suara-suara menenangkan seperti alunan musik lembut atau suara laut.

Berikan Objek agar Anak Merasa Lebih Aman
Anak biasanya lebih nyaman jika ada yang bisa dipegangnya saat tidur. Kadang berupa selimut kecil, bantal, guling atau mainan lunak yang bisa dipeluk. Misalnya seperti Soothe and Glow Seahorse yang diluncurkan oleh Fisher-Price ini.


Sumber: Fisher-Price Facebook Fan Page.
Fisher-Price Soothe & Glow Seahorse ini sangat ringan dan ukurannya cocok untuk anak-anak. Dengan remasan yang lembut, boneka kuda laut ini akan menyala dan memainkan musik lembut, lagu pengantar tidur, dan suara laut yang menenangkan. Setelah 5 menit, musiknya akan mati dan lampu akan meredup sehingga dapat membantu bayi untuk tertidur. 

Nah, selain meluncurkan produk Sooth & Glow Seahorse, Fisher-Price juga mengadakan sebuah kontes yang diberi judul #BAYIKUBOBO. 

Sumber: Fisher-Price Facebook Fan Page.
Kita bisa mengikuti kontes ini dengan cara yang mudah. 
1. Klik www.bayikubobo.com. 
2. Unggah foto atau video yang menggambarkan pengalaman unik saat Mommies berusaha menidurkan si kecil beserta penjelasan singkat.
3. Share foto atau video yang diunggah tersebut di Facebook dan Twitter.
4. Mommies juga bisa mem-vote foto atau video dari pengguna lain.
5. Setiap 3 orang teman yang berhasil diajak di Facebook, jumlah vote yang Mommies miliki akan digandakan.
6. Pemenang ditentukan berdasarkan jumlah vote paling banyak.
7. Kontes berlangsung selama periode: 27 November 2014 - 17 Januari 2015.


Hadiahnya banyak banget. Dari perawatan Spa untuk Mommies dan si kecil senilai jutaan rupiah dan berbagai mainan dari Fisher-Price. Untuk lebih lengkapnya, bisa like facebook fan page Fisher Price, follow akun twitternya, dan follow instagramnya.


Para pembicaranya berfoto bersama Soothe and Glow Seahorse :).


Look at these cute little seahorses ^_^.

Selesai acara, kami foto bareng dulu. Perhatiin deh para bocil rame-rame melakukan pose yoga. Hahaha :D.

Alhamdulillah, dapat banyak ilmu tentang parenting hari ini dan juga bisa merasakan manfaat Soothe and Glow Seahorse. Terima Kasih, Fisher-Price! ^_^

Wassalaamualaikum.

11 comments:

  1. Waah oke tuh tipsnya. Iya biasaya pas mboboin emak suka gelisah "Cepetan tidur... mau fesbukan niiih" akhirnya anak ngga tidur2 hehhe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iya Mamaknya udah keburu pingin me time ya mba xD

      Delete
  2. kerennya acaranya mbak mia...selalu ngeces deh tiap kali liat acara dan fotonya...super aktif deh mamak satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seru ini mba Dwi. Mba Dwi juga ga kalah seru eventnya. Ajakin dong ke Starbucks xP

      Delete
  3. Ah itu bonekanya lucu-lucu #gagalfokus :D.Jadi keingetan sempat ngobrol sama tetangga. Punya anak usia 2 tahun,lucu, ndut dan lincahnya super. Perasaan suka keliatan main samaponakan ga siang ga sore.Eh ternyata kata mamanya baru tidur jam 11 malam. Sementara emaknya udah tepar duluan jam 9 malam. Mungkin tetanggaku itu dulu sempat ngidam semacam batre yang bisa tahan lama itu *apaan sih*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha... iyaa memang menidurkan anak itu susah-susah gampang ya Teh. Kalo anaknya tidur, orangtuanya pun bisa istirahat. Nah, anak yang superaktif malah bikin orangtuanya tepar begini yak

      Delete
  4. Lahh baru komen di blog JadeAyu tentang boneka kuda laut ini, ternyata di blognya Mia sama topiknya :P
    hihihiiii ga sabar dehhh punya bayi, ntar dibeliin boneka ginian yaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa Tia... Aamiin... Aku doakan cepat-cepat yah biar bisa main nih sama Kakak Aira sambil mamaknya kopdar. hihihihi

      Delete
  5. Mia ini bonekanya bs utk anak dari umur brp ke brp kah? Pengen beliin buat ponakan ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini bonekanya udah bisa dari newborn Witaaa. Ayo buruan belii... ini lagi harga diskon 40% sekarang di Toys Kingdom ^^

      Delete
  6. jadi penasaran sama Soothe & Glow Seahorse ini... jadi pengen beli buat anakku...
    *thanks infonya mba mia... :)

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...