Tuesday, 6 January 2015

Spa Trip Getaway (Part 5-End): Yoga Session with Fajar Putra @penyogastar

Assalaamualaikum,

Halo, apa kabar? Udah hampir semingguan ga nengokin blog dan kangen banget rasanya. Hihihihi...  *ciumin laptop*. Kali ini saya mau cerita bagian terakhir dari Spa Trip Getaway yaitu Yoga session bersama Instruktur Yoga selebritis, Fajar Putra, atau yang lebih dikenal sebagai @penyogastar. 

Dulu saya sebenernya ga terlalu suka yoga. Karena waktu pertama kali nyobain yoga beberapa bulan lalu saya benar-benar enggak bisa konsentrasi dan bosan banget. Really.  Saya pikir itu karena karakter saya yang enggak bisa diem dan duduk tenang. Kalo pegalnya ga usah dibilang lah ya... hahahaha...

Tapi hari Minggu itu saya terbangun jam 4 pagi. Malamnya saya baru ketiduran jam 1, jadi saya baru tidur 3 jam, tapi enggak bisa tidur lagi. Jam 5-an Putri, room mate saya juga terbangun. Ngobrol-ngobrol dari tempat tidur sambil bergelung di balik selimut yang berubah jadi dingin karena udara Puncak yang emang dingin. Tapi kemudian kami bergerak ke balkon karena melihat semburat warna-warni langit pagi dari balik jendela.


Pemandangan pagi dari balkon. Hmm.. segarnya...


Jarang-jarang bisa nikmatin langit cantik begini.

Enaknya sih pagi-pagi sambil duduk-duduk di balkon ya sambil ngopi. Tapi apa daya udaranya menggigil jadi kami bergelung lagi di balik selimut sampai saatnya yoga session, pukul 6 pagi. Pukul 6 kami berjalan ke Summit Room dengan muka bantal. Cuci muka doang sama sikat gigi, gapake mandi. Hehehehe... 

Sampai Summit Room ternyata tempatnya enak banget. Lantainya dilapis kayu dan jendelanya besar-besar. Kami diminta menunggu sebentar karena ruangannya masih belum siap. Akhirnya saya punya waktu untuk mengamati ruangan dan tiba-tiba saya melihat matahari yang menyemburat di balik jendela.


Sigh.

I made it to capture the moment. Melihat pemandangan ini bikin saya menarik nafas and said, "Subhanallah, this is so beautiful." Dan entah kenapa saya jadi merasa lebih positif pagi itu. Maybe Yoga is not a bad idea after all :).

Oiya, di ruang antara tangga dari lantai dasar menuju lantai atas juga ada jendela super besar yang hijau sekali pemandangannya.


Coba bisa punya pemandangan seperti ini setiap bangun tidur ya :).

Akhirnya ruangannya siap. Kami dipersilakan masuk dan ternyata Fajar Putra sudah siap di Yoga Matnya. Kami mengambil tempat sesuai dengan nama di yoga mat. Alhamdulillah saya mendapat spot di baris pertama, tak jauh dari instruktur. Jadi saya enggak perlu pake kacamata deh selama olahraga. Hehehehe...


My name on Yoga Mat.


Fajar Putra @penyogastar .


I loooove those huge windows. Hijau dan menyegarkan mata :).

Sebelum mulai, Fajar mengajak kami buat welfie bareng. Hehehe...


Photo Courtesy of Bio-Oil.

Dan akhirnya sesi yoga pun dimulai. Kami duduk bersila dan Fajar menjelaskan tentang pentingnya bernafas dalam yoga. Saat bernafas mulut ditutup, jadi kita menghela nafas lewat hidung dan juga dikeluarkan melalui hidung pula. 

Menurut Fajar, kebanyakan kita menghirup hanya 30% sampai 60% oksigen saja saat bernafas dan yoga bisa meningkatkan jumlah oksigen saat bernafas sampai 100%. Jadi yang pertama kami pelajari mengenai yoga untuk pemula adalah cara bernafas. Hehehehe.

Ambil posisi bersila dengan kaki yang tidak bertumpang tindih, tegakkan tulang belakang dan panjangkan. Saya sering banget mendengar Fajar bilang ini, lengthen the spine. Posisi yang baik saat beryoga bisa memperbaiki postur kita. 

Tarik nafas panjang melalui hidung lalu keluarkan kembali melalui hidung. Tutup mata kita lalu tarik nafas dalam-dalam dan buang nafas pelan-pelan. Fajar mengajarkan cara kita menarik nafas dengan menyempitkan pita suara, seperti orang yang mendengkur halus. Menarik nafas sangat dalam sampai kita mendengar suara nafas kita sendiri. Lalu  ia meminta kami membuka mata. Saya agak pusing waktu membuka mata. Kata Fajar pusing saat membuka mata bisa disebabkan karena kita tidak terbiasa memasukkan oksigen lebih banyak saat bernafas. Hooo *catet*.

Setelah belajar bernafas, kami mulai melakukan gerakan-gerakan yoga untuk pemula. Ada tree pose, pigeon pose, downward dog pose, snake pose, child pose, dan beberapa gerakan lain. Karena diberitahu dari awal mengenai cara bernapas, saya jadi lebih konsentrasi saat melakukan gerakannya. Apalagi diiringi musik india yang pelan menenangkan ya. Hehehehe....


Photo courtesy of Bio-Oil.
Gerakan-gerakan yoga ini di beberapa hal tampak mudah, padahal keringetan lho kalo dilakukan selama beberapa hitungan, dan amazingly saya enggak bosan melakukannya. Beda dengan saat pertama. Pada beberapa gerakan, Fajar mengajarkan beberapa tantangan untuk gerakan yang lebih sulit. Sebagian kami bisa namun kebanyakan masih belum bisa. Tapi Fajar selalu menekankan kata-kata, "Respect your limits." 

Jadi dalam beryoga setiap orang tahu limit tubuh mereka, jadi enggak usah dipaksakan. Hoo pantas saja Fajar selalu mengucapkan kaya, "Challenge", jika ia mengajarkan gerakan yang lebih sulit. Jadi pemilihan kata-katanya enak ya bok, kita ga 'dipaksa' harus bisa gerakan yang pro. In fact, beberapa hari ini saya masih melakukan beberapa gerakan yoga tersebut di rumah. Lumayan keringatan dan badan jadi lebih bugar.

Setelah badan panas, Fajar mulai memperkenalkan Acroyoga. Acroyoga adalah gabungan dari akrobat dan yoga. Fajar memang terkenal karena pose-pose acroyoganya di instagram bersama beberapa selebriti terkenal seperti Olla Ramlan dan Pevita Pearce. 

Acroyoga melibatkan 2 orang, yaitu base sebagai dasar dan flyer sebagai orang yang ada di atas. Syarat acroyoga adalah trust, kepercayaan. Base harus percaya dia bisa stabil dan kuat, sementara flyer harus percaya dia ga bakal jatuh, percaya sama base-nya. Lalu setelah itu jadilah gerakan acroyoga yang ajaib kayak gini.




Untuk kami, para pemula, acroyoga butuh 3 orang. Ada base, flyer dan facilitator yang membantu base dan flyer. Seperti foto di bawah ini,



Saya sempat jadi base, flyer dan juga fasilitator. Emang bener sih kita harus punya trust satu sama lain dan sama diri sendiri. Seruuu pokonya acroyoga. Hehehehe... it's just not something I want to do every day xD.

Setelah capek beryoga, kami melakukan savasana pose/corpse pose. Yaitu tidur telentang dan menarik nafas dan mengeluarkannya secara teratur. Kami diminta mengeluarkan semua sifat negatif dan memori negatif dan kembali merasa positif. Hmm.. enak sekali. Capek, tapi sesuai deh sama perasaan positifnya. That's why I'm still doing yoga at home. Hehehehe...

Di akhir sesi kami berfoto bersama,

Belom pada mandi tapi rasanya seger banget :D.

Bersama Witha, Yeye, dan Ayu.
Photo courtesy of Yeye.

Akhirnya bagian terakhir dari cerita Spa Trip Getaway selesai. Terima kasih ya yang sudah membaca dari awal. Yang belum baca, boleh tengok tulisannya di sini, di sini, dan di sini ^_^.

Wassalaamualaikum.



16 comments:

  1. Aasiiik bangeeet bisa yoga rame2 di tempat cihuy begituu.. *ngecesss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Olaa alhamdulillah seru.. Moga-moga suatu saat bisa yoga bareng IHB, aamiin ^_^

      Delete
  2. waaah seruuuu.. aku belum pernah nyobain yoga sekalipuuuuuuuuuuuun >.< tapi kayaknya itu yg acroyoga asik deh, pingin cobain langsung, hahaha :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo Irma cobain, acroyoga nya seruuu. Tampaknya kalo acroyoga brg pasangan sendiri lebih seru lagi deh *gegara liat post Dian Pelangi di IG*

      Delete
  3. Miaa skrg jd rajin yoga bareng dong hehehe ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya witaaa... hayu atuh kita yoga bareng yuuk :D

      Delete
  4. Seneng banget... jadi pengen ikutan yoga class... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mak Riskiii yoga awalnya pegal lama-lama enak buat ngioangin pegal. Hehehehe. Kombinasi downward dog, snake pose, sama child pose enak banget buat ngilangin pegal punggung sama sakit pinggang. Hahahaha *ketauan deh umurnya*

      Delete
  5. ulalala keren banget mak mia ini, sambil melihat pemandangan sambil kita berlatih...asik tenan

    ReplyDelete
  6. Keren banget mba, yoganya :)
    btw...salam kenal ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kena jugal mba Noni, saya suka baca blognya deh ^_^

      Delete
  7. aku selalu suka kalo mampir ke blog nya mba, soalnya banyak tips dan informasi yg bermanfaat di sini :)
    By the way, I follow you and will be very happy if you follow me back :)

    from: Saturday Love Sunday

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasii Ienaaa, I love ur blog too ^^. Aku sudah folback yaa

      Delete
  8. Kaaa miaaa ini bikin irii abisss deehh sama mas faajaarrr :((

    ReplyDelete
  9. Udah lama tertarik sama yoga, tapi belum dilakuin juga ampe sekarang, heuheu...kalo gitu mah, sekarang belajar gratis aja sama elo ya, Mi...hahahaha

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...