Wednesday, 25 March 2015

Making Your Own No-Bake Cheesecake at Home

Assalaamualaikum,

Halo, apa kabar? Hari ini saya mau share cerita bikin no-bake cheese cake buat ulang tahunnya si Bebe. 

Ceritanya, waktu itu saya lagi cari-cari resep cheesecake, dan ketemulah saya dengan channelnya Gemma Stafford di Youtube. Merasa pernah mendengar namanya di post saya sebelum ini? Iyes, saya pernah mention namanya waktu sharing cerita cara bikin homemade choco spread. Sejauh ini Gemma adalah Vlogger masak-masak yang serinya selalu saya tungguin di Youtube. Cuss deh klik link di atas dan subscribe juga. Channelnya bermanfaat sekali dan saya suka banget sama video-videonya yang cantik, resepnya yang mudah, dan yang pasti sih digarap profesional.

Oke deh, saya mulai aja ceritanya ya.

Cheesecake yang saya bikin ini saya modifikasi sedikit dari resep Oreo Cheesecake-nya Gemma. Kalau mau lihat resep komplitnya, silakan tonton video-nya Gemma di akhir tulisan ini yah.

Membuat no-bake cheesecake ini sebenarnya cukup mudah dan ga terlalu rumit. Cuma butuh sedikit ketelitian aja saat menatanya.





Base/Dasar
Untuk base atau dasarnya, saya memakai biskuit Marie (di video Gemma memakai Oreo *ya iyalah ya resepnya aja Oreo Cheesecake xP). Biskuitnya saya masukin ke plastik dan saya hancurkan sampai jadi serpihan lembut pakai ujung rolling pin. Tapi pakai apapun bisa sih, kalau di video Gemma pakai food processor. Setelah itu biskuit dicampur dengan mentega/butter yang sudah dilelehkan.

Untuk membuat kue ini, kita membutuhkan loyang bongkar pasang yang dasar dan pinggirannya bisa dilepas (saya pakai loyang bongkar pasang berdiameter 15 cm). Buat yang masih baru pertama kali bikin kayak saya, loyang bongkar pasang bisa didapat di super market yang menjual bahan-bahan kue atau pun toko bahan-bahan kue. 

Setelah campuran biskuit dan melted butternya tercampur rata, ratakan bahan tersebut di dasar loyang bongkar pasang hingga padat. Kemudian masukkan loyang ke dalam lemari es sambil kita membuat adonan filling-nya.

Selama membuat cheesecake ini, kita akan sering menyimpan loyang di lemari es agar kuenya terbentuk. Menyimpan kuenya cukup di lemari es bagian tray-nya saja, jangan di freezer.


Filling/Isian
Untuk fillingnya, kocok cream cheese hingga lembut bersama gula dan vanili. Saya enggak terlalu suka manis, jadi dengan memperhitungkan bahwa nanti pun akan saya tambahkan cokelat di campurannya, saya hanya menambahkan sedikit gula. Setelah itu, tambahkan heavy cream/whip cream (whipped cream yg bentuknya masi cair) pada cream cheese dan dimix hingga lembut. Untuk cream cheesenya saya pakai merk Yummy dan whipped cream aku pakai merk Anchor. 

Oiya, di video Gemma mencampur semua bahan filling dengan mixer. Sementara saya hanya menggunakan whisker. Jadi,  saya mengocok heavy creamnya terlebih dahulu hingga berubah memadat, baru kemudian saya mix bersama cream cheese-nya. 

Lumayan pegel sih mengocok cream sampai kental itu butuh kecepatan tangan yang tinggi. Hahaha... Tapi it's very do-able, kok. Jadi kalau enggak punya mixer, enggak usah sedih karena saya pun bikin ga pake mixer.

Setelah tercampur rata dan lembut, saya menambahkan chocolate chunks/cokelat yang dicincang kasar (di video Gemma menambahkan Oreo yang dihancurkan kasar) lalu diaduk sedikit saja supaya tampak merata saja cokelatnya, jangan terlalu lama. Kalau kata Gemma, do not over mix. 

Keluarkan loyang dari lemari es. Lalu masukkan campuran filling ke dalam loyang dan ratakan. Masukkan kembali loyang ke dalam lemari es.


Topping
Untuk lapisan atasnya, saya melakukan sama seperti yang Gemma lakukan yaitu membuat lapisan chocolate ganache. 

Untuk membuat ganache, kita tinggal menyiapkan cokelat masak di dalam mangkuk. Lalu tambahkan cream cair yang sudah kita didihkan terlebih dahulu dan kemudian kocok keduanya menggunakan whisker. 

Untuk membuat lapisan ganache pada kue, kita harus menunggu sebentar sampai ganache turun suhunya. Jika campuran ganache-nya sudah tidak panas, keluarkan loyang dari dalam lemari es. Ratakan ganache di atas filling, lalu masukkan lagi loyang ke lemari es agar ganache terbentuk bersama kue. Tunggu sampai esok hari untuk proses selanjutnya.

Menurut Gemma, karena ini resepnya tanpa gelatin, maka dibutuhkan waktu agak lama supaya cheesecakenya memadat. Minimal 12 jam.


Kanan : loyang yang udah diisi filling.
Kiri bawah : ganache yang udah jadi.
Kiri atas : kue yang udah dilapisi ganache di atasnya.


Pada hari berikutnya, kue akan terbentuk dan kita tinggal tambahkan hiasan di atasnya. Gemma memakai cream dan Oreo, tapi saya memutuskan memakai cream dan strawberry. Saya hanya meratakan whipped cream di atas ganache, lalu meletakkan potongan strawberry-nya sedemikian rupa seperti di bawah ini.





Nah, no-bake cheesecake kita sudah jadi deh. Ini dia hasilnya setelah pinggiran loyangnya dilepas.








Ini foto kuenya banyak banget karena saya suka banget sama hasilnya. Layers-nya cantik dan suka banget sama motif campuran fillingnya. Yang pasti sih, enak ya :D.





Yumm... I love those layers :D.



I just added some candles to make it more fancy :).

Karena ini baru pertama kalinya saya bikin kue, jadi percobaan pertama ini bisa dibilang cukup berhasil lah ya :P. Hihihihi... 

Buat temen-temen yang pingin tau resep aslinya, bisa klik link video ini di YouTube. Di sana di bawah videonya ada resepnya di dalam kolom description. Buat teman-teman yang juga penasaran bagaimana caranya kue ini dibikin, saya juga sertakan video-nya Gemma di bawah ini ya. 





Sedikit tips untuk membuat kue ini, cobalah membuat dalam ukuran kecil terlebih dahulu. Sebelum saya membuat kue ukuran besar ini, saya mencoba membuat ukuran mininya dulu di mangkok kecil. Ini buat latihan saja agar kita mengetahui terlebih dahulu apakah rasanya sudah pas atau belum dengan rasa yang kita inginkan.

Nah, gampang kan? Selamat mencoba ya! :). 
Wassalaamualaikum.


45 comments:

  1. waaaa ini patut dicoba, thanks for sharing mba Mia :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Rinii... no bake soalnya. Gampang dan dan enak :D

      Delete
  2. omg makkk..looks yummy banget itu cheesecakenyaaaaa..... *slurppppp*
    dan gue emang paling suka cheese cake dibanding cake kayak kue bolu gitu...ih maaakk gue catet ini resepnyaaa... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya samaaa... gue pun lebih suka cheesecake drprd bolu biasa. Lebih yummy yaa :D

      Delete
  3. Beli cream cheesenya dmn yak? Mama coba bikin gagal karena cream cheesenya salah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku belinya di Giant, di rak freezer deket yoghurt cimory gt. Kemasannya kayak yoghurt cimory yg bentuknya cream ditaruh di wadah bulat dan ada tutupnya gitu. Tapi aku lupa mereknya xD.

      Delete
    2. yahhh, lupa nama mereknya yaaa. soalnya selama ini aku beli cream cheese selalu dapet yg gak enak huhuhu >.<

      Delete
    3. Akhirnya bikin sendiri. Percobaan pertama gagal. Hiks.

      Ryanfilewordpresscom

      Delete
  4. Mupeng...
    Kapan ya bisa ngedapur? Pengen nyoba bikin2 apa gitu tapi ga bisa2, hiks hiks

    Tfs, Mak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo mbaa bikiin sebelum cutinya habis.. hihihihi..

      Delete
  5. huaaaa mau cobain untuk sepupu yang ultahnya udah lewat nih teh cuma belum sempat ngasih surprise XD
    makasih teteh resepnyaa, cantiiiik banget kuenya hihihi.dan bikin ngileeer :9


    visit My Little Cream Button ♥ Instagram ♥ Bloglovin ♥

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk bikiin Ayu. Itu yang Oreo Cheesecakenya juga tampak enaaak :D

      Delete
  6. i wanna make this soon kaaaakkk, ngilerin banget hahahaha. Makaciii infonyaaa

    ReplyDelete
  7. mau beli aah loyangnya supaya bisa bunder kayak gitu, kemarin bikin no-bake cheesecakenya di mangkok gede hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Samaa Ghi, aku pun awalnya nyoba resep ini pake mangkok dulu, tapi kecil XD. Pas dicobain rasanya enak, baru deh berani pake loyang. Hihihihi

      Delete
  8. Keyen mamia.. Cb klo bikin lg, kirim krmh yah :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... belom tau nih mah yeye kapan sayah punya energi lagi bikin beginian xD. Akuh kan tidak serajin dirimuh bakingnyaaa *ngumpet

      Delete
  9. No bake .. tetet aja buat saya mah .. riweuh.. hehehe.

    Bawain aja ya kalo pas mudik ke Cimahi, maulah disuruh ngambil :D

    ReplyDelete
  10. Miaaa canggih ih, pasti efek temenan sama Yeye yah jadi ketepaan pinter baking.
    Gw dari taun kuda emas sampe kuda kayu kagak jadi-jadi mau bikin beginian :((

    ReplyDelete
  11. keren bisa bikin giniaaan.. aku mau coba aaaah... *tapi kapan yaaaa??? hahaha...

    ReplyDelete
  12. Since I'm a chocoholic, ngeliat Oreo Cheesecake-nya si Gemma bikin ngileerrrr....:9

    ReplyDelete
  13. Pengen nyoba hihihih :D keliatannya gampang sih tapi entah kalau prakteknya

    ReplyDelete
  14. yummy...mau yg udah jadi aja deh..:p

    ReplyDelete
  15. si Gemma kenapa ngomong nya cepet banget sih,, gw yang ga biasa masak kan jadi bingung ngikutinnya T-T

    ReplyDelete
  16. langsung pingin nnyomot strawberrynya

    ReplyDelete
  17. No baaaake! :D

    Aku harus cobak nih, Mbaaak.. Soalnya kalo uda pindahan kan kadang butuh asupan gizi. Biasa, anak rantau. Kalo beli sayang duit kan, mending bikin aja deh. Sekalian latian masak.. Huahahah.. :D

    Makasih ya, Mbak ^^

    ReplyDelete
  18. Miaaa, sungguh ini kuenya amat menggoda iman :D :D :D
    *padahal lagi ga doyan cake* *tapi tiba2 kepengen*

    ReplyDelete
  19. sebetulnya, saya itu paling males banget bikin kue. Tapi, suami dan Nai suka kue. Kayaknya saya harus menyemangati diri sendiri supaya mau bikin kue :)

    ReplyDelete
  20. Waktu lihat videonya aku langsung tertarik nyoba (paling suka deh sama yang no bake-no bake, hehehe). Tapi sampai sekarang belum coba. Ternyata hasilnya bagus juga, jadi timbuk kembali keinginan coba, hihihi :D

    ReplyDelete
  21. Bookmark... Kapan mau bikin dan siap2 aja siapa tahu ada pertanyaan sayah meluncur ke WA Mia, hahaha

    ReplyDelete
  22. Auooooo CANTAAAAKKK bingits kuenya. Besok mau bikin ahhhh

    ReplyDelete
  23. mii, cream itu susu cair bukan sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan Wulan, cream cair itu maksudnya whipped cream yg masih cair. Nanti kl kita kocok mengental jadi whipped cream :)

      Delete
    2. Siaap langsung dipraktekin 😬

      Delete
  24. wuaa.. kuenya bikin ngiler.. pengen coba nih.. kyknya gampang dan enak ^ ^

    ReplyDelete
  25. Wuahh mau cobaaa... Izin save ya mba :)

    ReplyDelete
  26. Keliatan enak banget Mia.. aku dulu pernah juga bikin non-bake cheesecake gini.. rasanya jadi mirip eskrim gitu deh hihihi.. yang ini kayaknya keliatan yummy banget pake coklat segala..

    ReplyDelete
  27. Aaaaaakkkk... sepertinya enak banget, karena no bake jadi kepengen segera bikin, makasih Mba Mia dan salam kenal :) dan ijin contek resep ya...

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...