Wednesday, 6 May 2015

Tentang (Merasa) Cantik

Assalaamualaikum,

Halo! Apa kabar? I hope Everyone is being okay and happy today :).

Sekitar dua minggu lalu saya diundang ke sebuah acara blogger gathering bersama sebuah klinik kecantikan. Acaranya seru sekali dan saya senang karena konsep acaranya tidak all about brand itu. Jadi di acaranya memang para blogger diajak agar lebih aktif dalam berdiskusi, dan bahkan diajak mengungkapkan pendapat. Menurut saya ini konsep acara yang bikin betah ya. Blogger pasti senang jika acara yang diadakan tidak 'egois' dan mementingkan brand saja. Dan semua blogger tahu, kalau acaranya bikin happy, pasti brandnya akan otomatis kami promoin kemana-mana :D. Katanya sih hashtag yang kami pakai hari itu sampai jadi trending topic di twitter. Hahaha.

Tapi masih ada pikiran yang tersisa sejak gathering tersebut. Ceritanya, kami diminta untuk menjelaskan "Apa itu Cantik?" menurut kami sendiri.

Tentu saja setiap orang punya opini sendiri ya tentang cantik. Buat saya sendiri, cantik itu enggak pake kategori. Semua perempuan cantik. Yang penting adalah sesuai dengan kepribadiannya sendiri, nyaman dengan dirinya sendiri. Karena ketika kita nyaman dengan apa yang kita miliki, orang lain pun akan melihat itu. Dan bahkan jika pun orang lain tidak melihat, ya tidak apa-apa. Yang penting kita nyaman dengan diri sendiri dan merasa cantik.

Saya ingat waktu itu MC bertanya, "Menurut Anda, jika orang lain tak melihat pun tidak apa-apa?" Pertanyaan yang saya pikir sebenarnya hanyalah pertanyaan retoris saja untuk membangun percakapan. Tapi entah kenapa otomatis saya jawab, "Iya. Kalau mau nunggu disebut orang lain cantik, kapan kita mau merasa cantik?" *sensi* Hahahaha.

Iya. Menurut saya cantik itu ga perlu definisi macam-macam. You have to be comfortable in your own skin to feel beautiful. Gigi yang enggak rapi, kaki yang enggak panjang, badan yang enggak langsing, jerawat di muka (nunjuk diri sendiri) ya terima aja apa adanya kalau kita memang enggak seperfect itu. Toh kita bisa selalu menjaga kebersihan, memperluas wawasan, dan berdandan. 

Enggak perlu menunggu orang lain bilang cantik, karena merasa cantik itu cuma buat diri sendiri (ya boleh ditambahin buat suami sendiri juga). Kalau kita harus nunggu perfect dulu buat ngerasa cantik, yah kok rugi amat xD. 

Masih berhubungan dengan kata 'cantik', beberapa hari lalu saya menemukan video di feed YouTube saya. Isinya dokumenter acara pemberian award kepada 10 perempuan oleh sebuah brand perawatan wajah. Dan di antaranya adalah Obin.

Josephine Komara, atau Obin, adalah seorang desainer yang menolak dipanggil desainer dan lebih suka dipanggil sebagai Tukang Kain atau Cloth Maker. Saya suka sekali dengan jawaban Obin saat ditanya mengenai kecantikan.

Obin. Photo Courtesy of Jakarta Post.
"Keindahan itu sesungguhnya bukan beauty,
 but is originality." 
- Obin.


Saya setuju sama Obin. Cantik itu diferensiasi. 

Kabar baiknya, kita semua memang diciptakan Allah untuk berbeda satu sama lain. Jadi semua perempuan berhak untuk merasa cantik :). Setuju?


20 comments:

  1. Aku setuju bahwa tiap perempuan musti merasa cantik dari dalam dirinya sendiri Mbak, nggak perlu pengakuan dari orang lain untuk itu. Tapi yang lebih penting lagi dengan merasa cantik itu tadi, dia nggak perlu bersaing dengan siapapun soalnya kan tiap orang cantiknya beda, sesuai kepunyaan masing2. Kepunyaan belum tentu fisik bisa juga rasa syukur. Jadi originality dari Ibu Obin itu udah tepat banget ya Mba :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setujuuu sama Nia! Iyes, bersyukur juga penting sekali ya :D

      Delete
  2. iiih... definisimu kok sama dgku sih miii... NYAMAN dengan diri sendiri! itu kata kuncinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Toss Mbaa! Hihihi... iyes, gimana pun harus merasa hepi dari dalam yaa 😄😄

      Delete
  3. Setuju dan semua orang emang istimewa ya kan

    ReplyDelete
  4. Setuju banget Mia.. Cantik itu nyaman dengan diri sendiri.. Terus bisa menerima kekurangan dan berusaha memperbaiki kekurangan itu. Hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha pokonya nyaman ya Ghin

      Delete
  5. setujuuuuu....cantik itu nyaman dan pede itu kuncinya...
    bonusnya ya kalo dipuji cantik sama suami, ihiyyyy ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiww... Bonus dipuji suami dan tentunya bonus yang lain dong ya Des xD

      Delete
  6. Aku gak ngerasa cantik *dikeplak sama Mia dan yang lainnya*
    Hahahhaha. Memang beauty is from inside. Jadi inget mau nonton kontes kecantikan. Asian Next Top Model ... I am coming.

    Febriyanlukito.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... Ternyata kamu ngefans ANTM? Sama dong xD

      Delete
  7. Aku jg cantik walau kadang kucel dan rempong xixixi

    ReplyDelete
  8. drama korea yang pernah aku liat pernah berkata seperti ini "semua wanita itu cantik dan tidak ada wanita jelek di dunia ini, tapi ada wanita malas." dengan ciptaan yang Tuhan berikan untuk kita berarti kita wajib menjaga dan merawatnya, aku setuju dengan cantik menjadi diri sendiri tapi tidak dengan membiarkan iler kemana-mana hehehe

    ReplyDelete
  9. Setuju banget, Mbak Miaaaa.. Apalagi yang uda punya suami, pasti lebih cantik dongs yaaah.. Kan uda laku! Mihihihi :P *terus pengen dilamar*

    ReplyDelete
  10. Entah kenapa mendadak terngiang lagu ceribelle... kamu cantik, cantik, apa adanyaaa.... :))))

    ReplyDelete
  11. kalo aku mundur mundur cantik aja :D

    ReplyDelete
  12. setuju, merasa cantik juga menjadi menambah rasa percaya diri

    ReplyDelete
  13. Bner banget. Menunggu oranglain bilang cantik ya mbuh kapan yo, Mbak. :D

    Suka sama cantik yg alami. Terpancar dan ada aura yang ngga biasa dr perempuan. :D Ngomong apa jal. :P

    ReplyDelete
  14. aku langsung senyum sendiri baca postingan teteh yang ini, sukaaa banget. menurut aku juga defini cantik itu bukan hanya dari wajah tapi dari hati dan perilaku. setujuu sama jawaban Josephine Komara ♥

    visit My Little Cream Button ♥ Instagram ♥ Bloglovin ♥

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...