Sunday, 28 June 2015

5 Tips Membeli Mobil dan Simulasi Kredit Kendaraan dari BCA

Assalaamualaikum,

Hari ini saya mau cerita tentang mobil. Bukaan, saya belum beli mobil baru kok. Tapi boleh lho kalo ada yang mau ngasih. Hahahaha xD *lalu digetok berjamaah*. Saya mau berbagi beberapa tips dalam membeli mobil baru. 

Ceritanya, dulu pertama kali Hubby sama saya beli mobil, mobilnya second. Waktu itu kami sudah menentukan sejumlah budget untuk membeli mobil dengan cara tunai supaya enggak dibebani cicilan. Menurut beberapa orang yang kami percayai, ada keuntungan membeli mobil second.  Katanya, kalau kita pinter milihnya, untuk budget katakanlah 115 juta, kita bisa mendapatkan mobil dengan spesifikasi lebih bagus dibandingkan dengan mobil baru yang dijual pada harga tersebut di pasaran. 

Hm, masuk akal juga ya? Apalagi waktu itu mobil-mobil LCGC belum tersedia di pasaran. Akhirnya setelah survey kami pun menjatuhkan pilihan pada sebuah Honda Jazz warna hitam. Harganya masuk di budget dan modelnya pun cakep. 

Tapi yang namanya mobil second memang perawatannya harus lebih telaten rupanya daripada mobil baru. Kami mengalami momen-momen servis mobil yang akhirnya dengan sedikit bercanda kami sebut, mobilnya 'jajan'. Hahahaha... Soalnya setiap bulan ada saja yang harus diservis. Dari mulai ganti ban, rumah kunci yang tiba-tiba stuck, central lock rusak, servis dengan biaya besar, sampai kemudian overheat karena salah pilih bengkel. 

Jadi niatan kami supaya ga menanggung beban cicilan ga begitu tercapai juga karena mobilnya juga 'jajan' hampir tiap bulan. Hahahaha xD. Untungnya, mobilnya belum balik nama. Jadi sebelum berakhir masa nomor kendaraannya, kami putuskan untuk menjualnya dan membeli mobil baru. 

Hubby cerita, salah satu engineer senior di kantornya menasihatkan untuk mengganti mobil setiap 5 tahun sekali. Pertimbangannya, dalam kurun waktu beberapa tahun pertama biasanya mobil masih bergaransi dan biaya perawatannya pun minim. Jadi alih-alih mengeluarkan uang untuk mobil yang 'jajan', anggarannya bisa kita alihkan pada cicilan mobil. 

Iya sih bener juga ya. Kami sudah pernah tahu gimana rasanya punya mobil beli second dan membeli baru. Udah pernah juga merasakan enaknya mobil dilindungi oleh asuransi dan garansi kendaraan. Kalau dipikir-pikir, enggak heran juga kan kalo penjualan mobil bagus terus.

Saat ini kan banyak pasangan muda yang membeli rumah di pinggiran kota Jakarta. Mereka memilih kota-kota tersebut untuk tinggal dan membangun keluarga. Tentu pertimbangannya karena di Jakarta harga rumah sudah sangat mahal, sementara di kota-kota tersebut kita bisa mendapatkan rumah yang luasnya lebih besar dan masih bisa ditempuh dalam waktu yang acceptable. 

Alasan ini juga tampaknya yang membikin angka penjualan mobil jadi tinggi di daerah pinggiran Jakarta. Iya, keluarga-keluarga muda ini kan memulai hidup baru. Secara finansial, setelah mereka punya  rumah, rata-rata mereka akan membeli mobil. Mobil diperlukan untuk mengantar jemput anak, belanja, atau sekedar jalan-jalan ke mall. Mobil juga jadi alternatif yang menyenangkan saat harus mudik mengunjungi orang tua di luar kota setiap bulan. Karena kalo bawa mobil, bawa anak biasanya lebih tenang. Ibu bisa menyusui dengan nyaman. Anak-anak bisa tidur, atau nangis teriak-teriak tapi ibunya ga perlu malu diliatin orang. Hahahahaha *I've been there*.

Mobil juga bikin kita gampang kalo mau traveling sehari. Dalam waktu seharian, kita bisa main-main ke Puncak, ke Bandung, atau ke Ancol. Dengan segala kemudahan memiliki mobil, wajar banyak yang memilih mobil untuk moda transportasi. Di sisi lain meningkatnya penjualan mobil juga  bisa menciptakan ruang kreatif untuk industri lain seperti industri sparepart serta menyerap tenaga kerja.

Tapi yang namanya beli mobil, tentu banyak sekali yang harus dipikirkan. Ada beberapa tips ala-ala Mommy's Life & Style. Di antaranya,

1. Cari Tahu Kebutuhan Kita
Sebelum beli mobil baiknya kita memperhatikan kebutuhan kita itu apa saja. Misalnya saja kita masih keluarga kecil, anak baru satu atau dua, tanpa baby sitter, mungkin kita bakal cocok memiliki mobil kecil. Tapi jika kita misalnya sudah punya anak dua, perlu bawa baby sitter setiap pergi keluar, atau kadang juga harus ada acara keluarga setiap weekend, mungkin kita akan lebih cocok punya mobil keluarga.
Perhatikan juga rutinitas kita setiap hari. Jika kita terbiasa menembus kemacetan di tengah kota, mungkin city car akan lebih cocok. City car sangat hemat bahan bakar dan lebih lincah menembus macet. Namun jika kita sering lewat daerah banjir, mungkin yang paling cocok adalah mobil SUV ya. Hehehehe.
Faktor kebutuhan ini juga mencakup dengan ketersediaan garasi. Sebisa mungkin kita memiliki garasi yang sesuai dengan mobil yang ingin kita miliki.

2. Budget
Budget harus selalu kita sesuaikan dengan kebutuhan. Sebisa mungkin kita membeli mobil yang dapat mengakomodasi kebutuhan namun sesuai dengan budget. Iya dong, jangan sampai kita beli mobil tapi tidak bisa memenuhi kebutuhan kita. Tapi juga jangan beli mobil yang kita butuh tapi keberatan sama cicilannya setiap bulan dan mengganggu kita secara finansial. No way! 

3. Mobil Baru Atau Mobil Second?
Kalau menurut saya, ini balik lagi pilihannya ke masing-masing. Orang yang tahu banyak tentang mobil biasanya nyaman-nyaman saja dengan mobil second karena sudah tahu cara memilih mobil yang kondisinya bagus. Apalagi dalam budget tertentu kita bisa mendapatkan mobil dengan spesifikasi lebih bagus dibandingkan mobil baru.
Namun mungkin buat orang seperti saya yang enggak ngerti mobil, membeli mobil baru rasanya lebih tenang karena tahu historinya dari awal pembelian. Mobil baru juga masih ada garansi pabrik, jadi kalau ada apa-apa terjadi, kita tidak perlu mengeluarkan uang.

4. Cash atau Kredit?
Jika ada uang lebih, tidak ada salahnya membeli mobil secara tunai. Tapi jika saya membandingkan harga dan cicilannya, bisa dibilang beli kredit lebih enak. Kenapa? Karena Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) biasanya sudah termasuk paket asuransi. Kalau terjadi sesuatu yang buruk, kita tinggal klaim. Kalau beli cash, kita harus membeli asuransinya secara terpisah. Selain itu, jumlah cicilan pada KKB juga biasanya sudah ditentukan di muka. Jadi tidak perlu takut jumlahnya akan menjadi tidak terkontrol karena suku bunga naik.

5. Pilih-Pilih Kredit Kendaraan Bermotor (KKB)
Sekarang sudah banyak sekali Lembaga Keuangan yang menawarkan KKB. Setiap sales mobil biasanya sudah punya beberapa opsi perusahaan finance apa saja yang bekerja sama dengan mereka. Namun beberapa hari lalu saya mendapatkan info mengenai Kredit Kendaraan Bermotor (KKB) BCA dan BCA Finance yang cukup menggiurkan. 

Kenapa? Karena kalau kita beli 1 mobil pake Kredit Mobil BCA, kita punya kesempatan buat memenangkan 3 mobil lagi! Wiih.. ngiler sayah xD.

Program KKB dengan undian berhadiah ini dinamakan Kredit Keren Banget. 

Sumber: www.kreditkerenbanget.com
Jika kita menjadi nasabah KKB BCA dan BCA Finance, baik untuk membeli kendaraan baru atau bekas, berkesempatan untuk memenangkan satu dari total 16 unit mobil. Ada Suzuki Ertiga, Toyota Yaris, Honda Jazz, Daihatsu Xenia, Nissan March, Ford Ecosport, dan berbagai mobil merk lainnya. 

Untuk mendapatkan peluang ini, kita cukup membayar cicilan dengan metode autodebet melalui KKB BCA atau BCA Finance dan memiliki minimum saldo rata-rata bulanan sebesar Rp 2.000.000 (dua juta rupiah) dihitung sejak realisasi kredit sampai 30 November 2015. 

Enak juga ya, kita bisa sambil nyicil sambil berpeluang dapat hadiah mobil juga. Jadi bisa dapat mobil untuk keluarga, dan kalo menang bisa dapat mobil juga kan buat istrinya :P. Hihihihi. Kalau dipikir-pikir kita juga nabung seringnya enggak diapa-apain juga. Mendingan sambil nabung bisa sekalian dapet hadiah.

Di www.kreditkerenbanget.com juga ada simulator untuk menghitung jumlah cicilan kita lho. Jadi kita bisa perhitungkan jumlah cicilan kita langsung dari Kredit Mobil BCA. Yuk  kita cobain simulator cicilan KKB-nya :).

Di bawah ini saya mencoba simulatornya dengan asumsi saya akan membeli mobil MPV Mobilio untuk keluarga seharga Rp 200.000.000. Saya kira-kira DP-nya Rp 100.000.000 atau sebanyak 50%.


Simulator ini bisa dibuka lewat mobile phone juga lho.
Jadi kalau lagi di mal liat mobil kece,
kita bisa langsung hitung deh cicilannya berapa :D.

Ini dia hasilnya,



Kita tinggal milih mobil yang kita mau disesuaikan dengan finansial kita deh. Jadi enggak perlu lama untuk mengira-ngira jumlah cicilan kan :). Suku bunganya juga cukup menarik lho,



Kalau Teman-Teman lagi pengen beli kendaraan, boleh nih dicobain Kredit Mobil BCA. Ga cuma nyicil mobil sendiri, tapi juga punya kesempatan memenangkan mobil lagi! Untuk info lebih lanjut, Temen-Temen bisa like Fanpage-nya di Facebook  atau follow twitternya, @BizGuideBCA

Buruan ya! Program ini hanya berlangsung pada periode 1 Mei sampai 30 Oktober 2015 saja :D.

Wassalaamualaikum.

23 comments:

  1. Menarik banget ya kreditnya.
    Memang mendingan beli mobil baru. Pengalamanku dulu pake mobil second jg mogok di tengah jalan raya xD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba, lumayan dapat peluang hadiah mobil lagi. Hihihi.
      Toss jugaa.. mogok itu engga enak yah. Ihiks

      Delete
  2. Asik ya,,,bisa tau cicilan mana yg nantinya kuat kita bayarkan..dengan mobil impian kita... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mba Dwi. Enak ini bisa diotak-atik parameternya supaya cocok sama finansial kita :)

      Delete
  3. berarti kalau tinggal di Jakarta paling gak punya 2 mobil dong, yang city car dan SUV :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha... iya bener juga yaa :D. Moga-moga kita bisa punya dua-duanya. Aamiin

      Delete
  4. Wah aku tadinya ada planning kalau udah kerja lagi ngumpulin dana buat beli mobil second dulu dengan alasan supaya dapat yang spesifikasinya lebih bagus dari beli baru.. Tapi ini bagus juga ya Mba penawarannya BCA. Semoga taun depan ada lagi yg beginian. hehehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ihiiiy asiik... semoga kesampaian ya cita-citanya Nia, aamiin..
      Iyaa sebenernya kalo pinter pilihnya sih beli second malah untung karena spesifikasinya biasanya dpt lebih bagus ya.
      Iya nih moga-moga tahun depan diperpanjang lagi ya programnya ^_^

      Delete
  5. Aaah kebetulan sekali ada postingan dari mba mia inii..

    *lgs kasi liat suami*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah asiiik.... *eh. Hahahahha... alhamdulillah Putri kebetulan ya :D

      Delete
  6. Mbak...kalo aku setuju banget, punya mobil kredit trus setelah 5 tahun dijual lagi, mengingat mobil diatas 5 tahun membutuhkan perawatan ekstra.. Itu artinya butuh biaya ekstra juga tuh.. Biar kredit kali mobilnya baru kan perawatannya gak mengeluarkan biaya tinggi krn kondisi mobil msh bagus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya Mbaa... Cocok banget. Jadi selalu punya kendaraan yang prima yah :D

      Delete
  7. Selamat pagi kak Mia, Alhamdulilah terima kasih atas informasinya, jadi makin termotivasi untuk memiliki mobil idaman, dan tentu BCA selalu memberikan pelayanan yang terbaik dan memuaskan para nasabahnya. BCA solusi keluarga Indonesia... Bahagia bersama BCA :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah Ipan ni kayaknya nasabah BCA ya? Iya emang selalu kagum sama pelayanan bank ini. Apalagi investasinya di IT dan program-program lainnya.

      Delete
  8. Wah info nya menarik, nti ngobrol2 ah sm suami :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes, Ye. Programnya kece banget niiih

      Delete
  9. bentar itung-itung dulu liat disini kali ada yang cocok
    mobilnya sih banyak yang cocok...cicilannya yang susah xD

    ReplyDelete
  10. Gue juga rencananya mau ganti mobil setelah cicilan yang ini lunas. karena memang bener sihhh setiap empat-lima tahun mobil bisa jajan :)))

    ReplyDelete
  11. mobi aru gak banyak yang harus diperbaiki ya

    ReplyDelete
  12. Niat lebih irit, tapi jadinya jajan terus ya, Mbak. :D
    Rencana beli mobil masih kapan2 nih. Pingin yg baru ajah ah!

    ReplyDelete
  13. berguna banget nih buat yg mau beli mobil :) thank sya

    ReplyDelete
  14. emang mobil juga buat saya udah jaid kebutuhan. Kapan-kapan coba lihat ah kalau lagi pengen ganti mobil :)

    ReplyDelete
  15. Ahaaa, untung sekali mampir ke blog mba mia dan baca soal ini, hehehe. Mari present ke suami, hahaha. Thanks for sharing. :D

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...