Wednesday, 12 August 2015

[Easy Recipe] Home Made Marble Chocolate Ice Cream

Assalaamualaikum,

Minggu lalu sepulang menjemput bocil dari sekolah tiba-tiba Papanya si Bebe kirim link video di whatsapp. Ternyata isinya tutorial sederhana membuat coffee ice cream. "Bikin, yuk!" katanya.

Saya bilang, saya pun pernah melihat tutorial homemade ice cream di channel-nya Gemma Stafford. Dan cara buatnya sebenarnya bahannya sama saja. Hanya campuran es krimnya saja yang berbeda. Dari dulu sebenarnya pingin bikin resep ini di rumah, cuma belum kesampaian. Dan waktu diajakin bikin sama Hubby agak-agak ga semangat juga sebenernya. Pingin bikinnya pas weeken aja. Hahaha.

"Campurannya pakai cokelat aja, biar si Bebe bisa makan juga." kata Hubby, masi berusaha dia. Akhirnya saya nyerah. Saya bilang boleh, tapi bahannya beliin di toko kue dekat stasiun :P. 

Kebetulan di dekat stasiun Depok Lama ada toko kue yang lengkap dan cukup terjangkau harganya. Namanya Baker's Mart. Letaknya di ruko, tepat di seberang SPBU di Jl. Kartini. Ini tempatnya cukup recommended. Kalau cari mentega atau cokelat meises, di sini juga harganya lebih murah karena biasanya dia memiliki bahan tersebut dalam jumlah banyak lalu di-breakdown alias dipisah-pisah di plastik-plastik. Tentu harganya jauh lebih murah dibandingkan kemasan-kemasan di super market biasa. Yang orang Depok, boleh dicoba :).

Meskipun dibelikan sepulang kerja, toh akhirnya bahan-bahan tersebut baru saya eksekusi pada hari Sabtunya. Hahaha. Bagaimana pun hari Sabtu kan lebih santai, dan rasanya lebih cocok makan es krim bareng-bareng saat weekend, bukan?

Untuk membuat home meade ice cream, bahannya ga begitu banyak dan mudah sekali. Kita hanya membutuhkan,
1.  Whipped cream, 
2. Condensed milk (susu kental manis), dan 
3. Bahan lain yang kita inginkan sebagai campuran. 
Saya memilih cokelat masak sebagai campurannya. Saya menginginkan hasil es krim yang cokelatnya seperti marble dan tidak tercampur rata. 

Oke, mari kita mulai.

Pertama, kocok whipped cream hingga berubah jadi krim yang kaku. Pakai mixer lebih cepat, namun saya cuma pakai whisker. Saya menggunakan whipping cream merk Anchor 250ml.


Kocok whip cream hingga kaku.

Setelah whipping cream berubah jadi kaku. Tambahkan condensed milk (susu kental manis). Saya pakai susu kental manis merk Frisian Flag. Jumlah susu kental manisnya dikira-kira saja. Saya ga terlalu suka manis, jadi hanya menambahkan sekitar seperlimanya atau seperenamnya saja.


Tambahkan susu kental manis pada krim.

Setelah itu kocok krim dan susu kental manis hingga tercampur rata. Setelah rata, simpan base ice cream di kulkas sementara kita menyiapkan campuran untuk es krim.

Untuk campuran es krim, kita bisa menambahkan bahan apapun yang kita sukai. Jika ingin menambahkan kopi pada eskrim, bisa ditambahkan cairan kopi. Bisa juga ditambahkan cokelat bubuk, choco chips atau strawberry sauce.

Kali ini saya menginginkan ice cream cokelat yang penampakannya seperti marble. Jadi saya tim cokelat masak hingga meleleh seperti ini,

Melted chocolate. Yumm :p.

Lalu saya campurkan melted chocolate di campuran ice cream base tadi seperti ini,

Saya sengaja mencampurkannya tidak terlalu rata agar tampilannya seperti marble.


Masukkan campuran ini di freezer hingga berubah menjadi es krim. Dan ini dia, marbled chocolate ice cream siap dinikmati bareng keluarga :).

Homemade marbled chocolate ice cream :).

Saya suka banget sama tekstur cokelatnya yang terpecah-pecah. Jadi saat makan kepingan tipis cokelatnya terasa banget. Saya juga menambahkan strawberry sebagai topping, karena perpaduan manis, cokelat dan strawberry bikin rasanya segar.  


Untuk mendapatkan rasa es krim cokelat yang lebih pekat atau pahit, kita juga bisa menambahkan bubuk cokelat, lho. 

Gampang banget kan bikin es krim di rumah? Bahan sisa cokelat dan susu kental manisnya bisa kita simpan dulu di kulkas buat acara masak dessert selanjutnya. Selamat mencoba ya, Teman-Teman!

Wassalaamualaikum :).

12 comments:

  1. yummyyy... aku suka bikin tp hasil smoothie an jus.. hihi... mau cb jg ahh yg coklat. tfs Mia...

    ReplyDelete
  2. ga pegel ya ngocok pake whisker? :D
    bagi donk akuu es krimnya

    ReplyDelete
  3. wah,kalo pake whip cream lebih simpel ya..bahan intinya cuma 2..mauuuuu

    ReplyDelete
  4. ternyata gampang ya, mau coba deh :)

    ReplyDelete
  5. gampang ya Mia. itu di kocok pakai pengocok itu aja ya gak boleh pakai mixer?

    ReplyDelete
  6. beneran simpel ini sih.. pake chocochips gitu pas terakhir bisa juga kali yaa...

    ReplyDelete
  7. enak sekali...hemmm bikin laperrrr

    ReplyDelete
  8. Wahhh. Another Gemma recipe?
    Dan kenapa menyebut kopi. Jadi pengen coba.
    Harus whip cream ya Mia?

    ReplyDelete
  9. Duh... Ice Creamnya begitu menggoda, pengen nyoba jadinya.

    ReplyDelete
  10. sounds gimpil.. tapi gak tau kalo praktik sendiri...pasti ribet.. hahaha..

    miaaa... aku mau nyontoh tart bikinanmu itu lhoo... ntar aku japri, gpp yaaaa :D

    ReplyDelete
  11. Mia, itu yg pas ngocok whipped cream yg sudah kaku dg susu kental manis, tetep pake whisker atau pake mixer? Pengin nyoba nih.

    ReplyDelete
  12. waw..suka deh resp yang kayak gini...

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...