Saturday, 14 November 2015

Kata Box Launching, Unboxing and Review

With Mba Desy and Ayu at the Kata Box Launching.

Assalaamualaikum,

Pada tanggal 6 November 2015 lalu saya mendapatkan undangan peluncuran Kata Box di Resto Sere Manis, Jl. Sabang. Penasaran, saya sempat searching di Google, dan menemukan bahwa gadget berbentuk kotak itu katanya bisa membuat TV biasa di rumah menjadi Smart TV. Bedanya, selain internetan, Kata Box juga bisa dipakai nge-game. Tambah penasaran saya jadinya :P.

Launching Kata Box menghadirkan CEO Kata, David Chen dan General Manager Kata Digital Indonesia, Alex Prasetio.


Kata Box Launching with CEO Kata, David Chen and General Manager Kata Digital Indonesia, Alex Prasetio.


David Chen.


David menjelaskan, Kata Box adalah sebuah gadget yang memberikan cara baru dalam menikmati hiburan di televisi. Televisi di rumah tidak hanya digunakan untuk menikmati saluran favorit saja, tapi juga kita bisa pakai untuk menonton film, serial TV, menonton Youtube, dan juga bermain game. Singkatnya, produk ini menggabungkan fungsi TV, game, dan PC sekaligus.

Kata Box menggunakan platform Android dengan operating system Kitkat 4.4 dan dilengkapi Mali 450 serta prosesor 1.5GHz Amlogic S805. Gadget berbentuk kotak ini juga memiliki internal built-in RAM 1GB +8GB ROM yang memberikan kita ruang untuk menyimpan video. 

Bersama Kata Box, disertakan juga beberapa perangkat tambahan yaitu remote control, game controller, dan juga keyboard (dijual terpisah). Untuk pembelian secara paket, Kata menawarkan produk ini dengan harga yang cukup menarik, yaitu USD 69.00 atau IDR980.000. 


Paket ini sudah termasuk Kata Box, remote dan game controller. FYI, game controller ini hanya kompatibel dengan produk Kata, jadi jika membutuhkan game controller yang lain maka kita harus beli lagi. Tapi enggak usah khawatir, karena kita bisa menggunakan keyboard dan mouse nirkabel merk lain jika suka :).

Saya beruntung bisa mencoba langsung Kata Box di Rumah. Berikut ini akan saya tuliskan reviewnya berdasarkan pengalaman saya.


UNBOXING

Dalam satu paket pembelian Kata Box, maka inilah yang akan kita dapatkan,


Ada Kata Box, remote, 1 game controller, 1 kabel HDMI, 1 kabel AV, dan juga satu switching adapter. Colokan switching adapternya ada tiga, jadi jika akan digunakan di kebanyakan rumah kita yang umumnya colokannya dua, jangan lupa memasang adapter lagi.

Pada body Kata Box terdapat 2 port untuk USB, colokan AV, colokan power, colokan HDMI, dan juga tersedia colokan LAN jika hendak menggunakan kabel untuk berinternet. Namun secara umum, alat ini melakukan koneksi dengan wi-fi kita di rumah. 


REVIEW

Saat pertama kali dinyalakan, alatnya akan loading selama beberapa menit. Namun jika dinyalakan untuk saat-saat berikutnya, waktu loading lebih cepat. Berhubung ini pakai OS Android, jadi sebenernya mirip pemakaian handphone namun dengan layar yang jauh lebih besar :D. Karena interface seperti handphone, tapi enggak touch screen, jadi kita akan mengandalkan remote untuk memindah dan memilih aplikasi. 

Pemakaian remote untuk memasukkan password dan log-in pada YouTube jadinya cukup menyulitkan. Karena harus naik turun secara terus menerus, apalagi jika password mengandung banyak karakter khusus. Untungnya kami punya mouse nirkabel di rumah, dan persoalan ini pun cukup terselesaikan.


Tampilan Home pada televisi.

Pada Home, kita bisa melihat beberapa aplikasi sudah banyak dibenamkan pada alat ini. Yang pertama kali saya lakukan, tentunya menonton channel-channel favorit saya di YouTube. Salah satunya channel masak-masaknya Gemma Stafford. Hihihi.


Nonton YouTube pakai Kata Box ini menurut saya bener-bener memuaskan dan memang terasa seperti punya smart tv. Apalagi saya bisa melihat saluran yang ada secara HD (High Definition). Jadi benar-benar seperti nonton TV kabel. Hahaha :D. Saya juga bisa menggunakannya untuk nonton talkshow kesayangan saya, Sarah Sechan, dan memutar playlist 90-an untuk saya biarkan menemani aktivitas pagi saya. Saya juga bisa dengerin siarannya Tika sama Udjo di radio lewat tune-in dengan suara yang lebih jelas ketimbang di handphone.

Sayangnya, jika saya berusaha search video, lagi-lagi saya kesulitan mengetik memakai remote. Kesulitan mengetik ini mungkin bisa dipecahkan menggunakan keyboard nirkabel, sayangnya saya enggak punya :D. 

Okay mari kita move on ke review game controllernya. 

Games yang pre-install ada di Kata Box cukup responsif memakai game controller bawaannya. Pengalaman mainnya juga cukup enak terutama dalam memainkan permainan-permainan yang ringan alias kapasitasnya enggak terlalu besar. Seru juga sih memakai game controller ini karena bisa dipakai main sama anak dan suami. Untuk permainan-permainan yang kapasitasnya besar, saya belum mecobanya. Jadi belum tahu apakah game controllernya masih responsif atau enggak. 

Kalau melihat permainan yang tersedia di Google Play,  memang tidak semua permainan bisa dimainkan memakai game controller. Tapi untuk pengalaman yang berbeda dalam menikmati permainan internet di TV, ya buat saya sih okelah. 

Overall, saya menyukai Kata Box. Terutama karena saya bisa menikmati channel-channel YouTube kesukaan saya di TV. Tidak seperti nonton YouTube di tablet/laptop, di TV saya bisa menaikkan volumenya jika ingin suara yang lebih nyaring. Dan yang pasti gambarnya juga lebih besar jadinya puass :D.

Wassalaamualaikum.


9 comments:

  1. iihhh keren juga nih mak, apa kabar mak Mia ? udah lama gak jalan-jalan kesini...happy weekend mak :)

    ReplyDelete
  2. Keren alatnya ih. Ntar coba-coba cari ah.. :D

    ReplyDelete
  3. Mbaa ini keren banget lah. Bisa beli dimana si kata ini? Duuh nonton tv series (yg ketinggalan episodenya) dari youtube puas bgt kalo pake ini hahaha. Btw aku pindah ke WP ya mbaa :D

    ReplyDelete
  4. aish... keren ya, tekhnologi memang suka membuat kita tercengang

    ReplyDelete
  5. Miaaaaa, aku jadi pengen punya kata box juga, ih.Kenyang tuh nonton youtube di layar tv hehehe. Bisa dipake nonton youtube offline,ga?

    ReplyDelete
  6. Ternyata harganya cukup terjangkau yo, Mbak.

    ReplyDelete
  7. kok keren yaaaaa? bisa main game sama bisa nonton yutub.....ahhh mauuuuk

    ReplyDelete
  8. wah ada aku nampang di blog Mia...hehehehe
    kata box itu solusi anak supaya ga nonton youtube deket2 ya mak hehehehe

    ReplyDelete
  9. wih.... keren ya Kata Box, bisa bikin tivi biasa jadi lebih smart gitu. Kaya lagi main handphone aja cuma layarnya aja jadi lebih besar karena pakai layar tivi.

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...