Thursday, 26 November 2015

The Easiest Smoked Beef Martabak (Cara Paling Mudah Masak Martabak)

Assalaamualaikum,

Halo apa kabar? Hari ini saya mau sharing resep gampang bikin martabak. Saya mah ga pinter banget masak, makanya paling seneng ngeshare yang gampang-gampang. Yang mau saya share ini adalah andalan kalau saya lagi malas masak. Untuk bikin martabak ini biasanya saya pakai daging cincang, tapi karena di kulkas lagi enggak ada, maka saya pake bahan yang ada di kulkas aja yaitu smoked beef. Ini dia penampakan martabaknya,



Yuk deh kita mulai. Ini resepnya kirata aja ya kalo kata urang Sunda mah, alias dikira-kira tapi nyata :p.

Bahan-bahan: 
Kulit Lumpia
Daun bawang (dirajang)
Daging cincang (saya pakai smoked beef)
Bawang putih (2 butir)
Bawang Bombay (1/2 butir)
Telur (4/5 butir)
Garam, gula, merica (secukupnya)

Cara memasaknya, campur semua bahan di dalam wadah terlebih dahulu. Karena saya pakai smoked beef jadi saya enggak tumis dulu smoked beef nya. Kalau pakai daging cincang, dagingnya ditumis dulu sampai berubah warna.




Panaskan minyak di wajan. Setelah minyak panas, masukkan selembar kulit lumpia seperti ini,


Lalu agar kulitnya lebih tebal dan crispy, segera tambahkan kulit lumpia yang lain. Kalau mau martabak yang lebih lebar atau kriuk bisa juga ditambah lagi kulitnya.


Sebelum kulit lumpia berubah jadi kering, segera tuang dan ratakan isian yang sudah kita siapkan. Kalau saya cuma masukkan setengah isian saja supaya cukup untuk dua martabak.



Segera tutup lagi isian dengan lembaran kulit lumpia seperti ini,


Tunggu sampai bawahnya matang lalu balik.dan goreng hingga matang kecokelatan. Lalu angkat dan tiriskan.



Ini dia martabak telor ala-ala yang sudah ditumpuk dan dipotong-potong. Selamat makan :).


Wassalaamualaikum. 

12 comments:

  1. aih,sedapnyaaa......wah,ide bagus nih ditumpuk2 kulit lumpianya^^

    ReplyDelete
  2. akkkkkk gampag nih, bisa praktek xixixii...komunitas emak2 yg maunya yg gampang2 aja hihihi :p

    ReplyDelete
  3. waaaaah ini baru resep gampil, gausah lipet2 hihihi

    ReplyDelete
  4. oalaahhh jadi ga usah dilipet2 toh..hihihi mau coba aah..dari fotonya aja pengen tak' comot satu... :D

    ReplyDelete
  5. Ya ampun yummyyy....
    Izin save ya mba... ini kayaknya gampang banget dicoba sama saya yang nggak bisa masak :D

    ReplyDelete
  6. Suka ngiler banget kalau ada yang bikin martabak telur. Dulu aku nggak tau kalau kulitnya bisa diganti kulit lumpia, pas mau bikin di rumah harus nguleni tepung, eh nggak bisa membentuk buletan tipis kayak di pedagang-pedagang. Malah bolong-bolong. Hihi

    ReplyDelete
  7. Jadi...gak pake acara lipat lipat kulit martabaknya yaa Mi?
    Bisa dijajal di rumah nih ;)

    ReplyDelete
  8. baru tau ada cara gampang begini, cobain juga aahh :D

    ReplyDelete
  9. aku pernah bikin dan kulitnya juga bikin sendiri ikut resepnya mb diah didi, jadi sih mba cuma kulitnya tebel heheh

    ReplyDelete
  10. Mia kamu luar biasa.... gue kebayang lo menggoreng kulit lumpia sambil motret, berpacu dengan waktu banget kan....:)))

    ReplyDelete
  11. wah heubat MIa..menggiurkan martabaknya

    ReplyDelete
  12. Kalo aku suka nya, ada irisan cabe rawit juga di dalam nya

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...