Friday, 15 September 2017

Cerita Trimester Tiga: Pilih-Pilih Rumah Sakit (Biaya Melahirkan di Hermina Depok & Bunda Margonda)

Assalaamualaikum,

Bulan ini usia kehamilan saya sudah memasuki 36 minggu. Tidak terasa ya, kata beberapa orang. Tapi buat saya mah kerasa banget xD. Hahahaha.

Ada rasa lega ketika menginjak masa-masa akhir kehamilan. Rasa syukur ketika akhirnya trimester pertama dan kedua sudah terlewati. Kehamilan kedua ini memang istimewa. Sempet ngalamin yang namanya bedrest, bolak-balik cek ke dokter, dan rasa lelahnya luar biasa. Padahal jaman hamil pertama dulu mah saya masih pake sepatu tinggi sampai usia 6 bulan kehamilan. Sampai usia 9 bulan masih kuat jalan-jalan naik motor.

Sekarang? Boro-boro xD. Jalan setengah jam aja udah engap. Apalagi masuk trimester 3 ini. Perut rasanya sering menekan dan engap. Walaupun ternyata memang ini salah satunya disebabkan oleh placenta previa dan beberapa kondisi medis yang baru ketahuan setelah saya cek fetomaternal (mengenai cek fetomaternal ini insya Allah akan saya bahas di post yang lain).

Satu lagi yang saya alami di trimester ini, seperti kehamilan sebelumnya, rasa gerah yang luar biasa. Hahahaha. Ini mah kayaknya semua ibu hamil besar ngalamin ya. Apalagi akhir-akhir ini cuaca panas banget. Tiap siang biasanya mampir indomaret cuma buat beli minuman dingin. Favorit saya susu Frisian Flag yang Coconut Delight. Kadang malamnya masih seduh Milo pake shaker dan es.

Selain mengalami kondisi badan yang berubah, tentunya beberapa hal lain yang dipikirkan. Menyiapkan perlengkapan bayi dari mulai baju sampai bak mandi dll, menyiapkan nama, dan enggak ketinggalan, menyiapkan biayanya.

Menyambut kelahiran bayi kedua ini sejujurnya lebih menyenangkan dan menenangkan dibanding kehamilan pertama dulu. Di kehamilan pertama, we didn't really know what to expect. Banyak hal yang kayaknya kami nggak tahu. Semua bermodalkan searching di internet dan kata orang tua dan kata dokter. Kalau sekarang, kami sudah mulai punya "sense" untuk memutuskan sendiri berdasarkan pengalaman. Sudah mulai bisa memilih berdasarkan rasa tenang dan nyaman di hati.

Tapi tentu saja enggak membuat semuanya serta-merta jadi lebih mudah. Termasuk dalam memilih rumah sakit dimana saya akan bersalin nantinya. Sementara ini baru 2 rumah sakit di Depok yang kami pertimbangkan, yaitu RS Hermina Depok dan RS Bunda Margonda.

Hermina karena lokasinya sangat dekat dari rumah, jadi cukup convinient karena walaupun sering ngantri lama, tapi saya bisa bolak-balik ke rumah daripada nunggu di ruang tunggu. Sementara RS Bunda Margonda, karena bentuknya RS Ibu & Anak, jadinya tidak terlalu hectic seperti di Hermina. Menunggu terasa lebih tenang.

Sampai saat ini kami belum memutuskan saya mau melahirkan di RS mana. Baru survey perkiraan biaya persalinan dan cari tahu pengalaman teman-teman saya atau istri temannya Hubby yang pernah melahirkan di rumah sakit-rumah sakit tersebut.

Untuk biaya persalinan tahun 2017 di RS Hermina dan RS Bunda Margonda, perkiraannya seperti di bawah ini ya.

Perkiraan biaya melahirkan 2017 di RS Hermina Depok (Normal & Caesar).

Perkiraan biaya melahirkan normal di RS Bunda Margonda.

Perkiraan biaya melahirkan secara Sectio Caesaria di RS Bunda Margonda.

Overall sih sepertinya perkiraan biayanya mirip-mirip dari segi harga. Untuk operasi SC, RS Bunda Margonda tampak lebih rendah harganya, namun ternyata itu untuk perawatan selama 4 hari, sementara di Hermina untuk perawatan selama 5 hari. Jadi jatuhnya sih biayanya kayaknya sama saja.

Oiya, harga di atas belum termasuk jasa visit dokter, pemeriksaan penunjang, obat yang dipakai di ruang perawatan, dll. Menurut petugas dari rumah sakit-rumah sakit tsb, biasanya jumlah biaya keseluruhan bertambah sekitar 20% hingga 30% dari biaya perkiraan.

Kalau melihat harganya yang mirip-mirip, jadinya tinggal dipikirkan dari faktor kenyamanan saya dan suami saja mau melahirkan di mana. Dari sisi kenyamanan dengan dokter, jarak, lokasi, dll. Pfiuh... masih galau mau di mana. Bismillaahirrohmaanirrohiim.. semoga mendapatkan pilihan yang terbaik nanti. Aamiin... 

Wassalaamualaikum.

8 comments:

  1. Wah biaya melahirkan sekarang mahal yaa, semoga lancar persalinannya teh Mia, ibu dan bayi sehat yah

    ReplyDelete
  2. waaa.. naiknya sedikit sih yg hermina dr aku lahiran 4 tahun lalu. tp akunya masih belum mau nambah dulu *tutup muka* sehat2 ya mbak miaaa.. btw di hermina sama dokter siapa mbak?

    ReplyDelete
  3. Iya hampir mirip2 yah Mi.. Di RSPP jg SC hampir sm ky Bunda.

    ReplyDelete
  4. Waa biaya melahirkan ternyata segitu ya :o
    Sehat2 Mba Mia, smoga lancar nanti persalinannya :D

    ReplyDelete
  5. mbak Miaaa.. sehat-sehat terus ya, semoga lancar sampai persalinan dan dedek bayi + ibunya sehat. Hmm.. kalau lihat pricelist harga lahiran di RS Jakarta dan sekitarnya tuh, pening hahah.. tp insyaAllah tiap anak ada rejekinya sendiri :*

    ReplyDelete
  6. Keke dan Nai lahirnya juga di Hermina. Kalau lihat dari list di sini, kenaikannya sekitar 7 jutaan. Berarti sekitar 600 ribuan per tahun naiknya, ya :)

    Semoga dilancarkan nanti proses melahirkannya

    ReplyDelete
  7. Semoga lancar persalinannya mbk, sehat ibu dan anak, aamiin

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...