Monday, 11 September 2017

[Sharing] : Pelunasan Dipercepat KPR CIMB Niaga

Assalaamualaikum,






Kali ini saya pengen sharing mengenai cerita pelunasan dipercepat untuk KPR di Bank CIMB Niaga. Pada awal tahun 2015 lalu kami melakukan pelunasan dipercepat KPR rumah kami di Cimahi, dan baru-baru ini alhamdulillah bisa melakukan pelunasan dipercepat KPR rumah kami di Depok.

Ternyata Allah memberikan kami jalan untuk bisa mempercepat pelunasan KPR rumah lagi di tahun ini. Siang itu, sepulang dari mengambil dokumen rumah, kami senyum-senyum saja sepanjang jalan. Rasanya lega luar biasa. Tak henti-hentinya rasanya bersyukur. Alhamdulillah wa syukurillah, Allah Maha Baik.

Di post ini saya ingin berbagi cerita mengenai pengalaman kami melakukan pelunasan dipercepat KPR di Bank CIMB Niaga. Karena kami dua kali melakukan pelunasan dipercepat KPR di bank yang sama, dan untuk mencari informasi pelunasan dipercepat ini agak sulit mencari prosedur di website resminya CIMB Niaga. Biasanya kita diarahkan untuk menghubungi Call Center / Phone Banking 14041, tapi call center ini biasanya juga tidak memberi informasi yang lengkap. Mereka biasanya mengarahkan ke cabang untuk pertanyaan mengenai pelunasan dan lain-lain ini. Padahal pengalaman saya waktu kerja di Bank, biasanya orang cabang kurang begitu mengerti mengenai produk bank yang tidak dilayani di cabang langsung seperti KPR atau kartu kredit. Hal seperti ini biasanya diselesaikan antara nasabah dengan bagian yang bersangkutan. Untungnya, kami menemukan beberapa orang yang sharing mengenai pengalaman pelunasan dipercepat KPR Bank CIMB Niaga di blog. Dan kami merasa terbantu sekali. Karena itu saya pikir tidak ada salahnya berbagi di sini. 

Sekitar tahun 2015 lalu sebelum melunasi rumah di Cimahi, kebetulan kami sempat mampir ke CIMB Niaga di daerah Simpang Lima Bandung, saya lupa nama gedungnya apa. Saat itu ada beberapa hal yang kami tanyakan terkait dengan KPR. Waktu itu kami diberitahu, untuk pelunasan rumah di Cimahi (tahun 2015 termasuk pelayanan wilayah Bandung, Jawa Barat)  kami harus kirim permohonan pelunasan KPR dipercepat ke alamat e-mail : ccl.jabar@cimbniaga.co.id

Waktu pelunasan rumah Cimahi tahun 2015 lalu itu sempat ada salah info juga sih. Katanya karena kami di wilayah jabodetabek, jadi kami bisa ambil dokumen di kantor CIMB Niaga Jl. Faletehan, Jakarta. Tapi ternyata orang CIMB Niaga di jl. Faletehan ngiranya kita mau pelunasan KPR yang di Depok. Padahal ternyata kalau rumah di cimahi memang bisa pelunasan di Jakarta, tapi setelah pelunasan, dokumen-dokumen rumah tetap diambil di kantor CIMB Niaga ditunjuk yang ada di Bandung. Saat itu kami harus janji temu dulu dengan orang CIMB Niaga di salah satu gedung Niaga di Jl. Lembong, Bandung, sebelum datang. Dan baru kemudian dokumen-dokumen diserahkan.

Nah, untuk pelunasan KPR rumah di Depok ini sebenarnya hampir sama. Kita tinggal mengirimkan surat permohonan pelunasan dipercepat melalaui e-mail. Namun, alamat e-mail yang ditujunya berbeda.  

Untuk pelunasan dipercepat rumah kami yang di Depok, kami mengirimkan permohonan pelunasan KPR dipercepat ke e-mail : admin.antiattrition@cimbniaga.co.id .  SLA (Service Level Agreement)-nya 5 hari kerja. Jadi tunggu 5 hari kerja nanti bagian yang bersangkutan akan menelepon untuk mengkonfirmasi kita mengenai pelunasannya. Berikut form lengkap yang harus diisi dan detail lain-lainnya. 

Setelah mengirim email dengan format yang harus diisi, tidak sampai 5 hari kerja, bagian pelunasan menelepon kami mengenai prosedurnya serta mengirim email resmi mengenai detail dan kelengkapan prosedurnya. 

Perlu diketahui, untuk pelunasan di CIMB Niaga, prosedur pelunasan dilayani pada tanggal 1-20 pada bulan yang sama. Jika lewat dari tanggal 20, maka pelunasannya akan dihitung untuk jatuh pada bulan berikutnya. Saran saya sih kalau mau pelunasan dihitung dulu tanggalnya dan dikira-kira juga dengan waktu yang diperlukan buat melengkapi prosedurnya supaya enggak kena tambahan bunga berjalan atau kena bayar tagihan KPR pada bulan tersebut. Jadi kita bisa nyiapin diri dan dananya. Selain itu, pihak bank juga ada cukup waktu buat melengkapi prosedurnya. Jadi kitanya ga mencak-mencak kalo enggak kekejar bayar di bulan yang diinginkan karena sudah memberikan spare waktu yang cukup.

Di hari pendebetan, sorenya kami cek di internet banking loan-nya sudah di angka Rp 0.00. Alhamdulillah wa syukurillah... tanggal 16 Agustus 2017 kesampaian juga kami merdeka dari KPR. Wkwkwk.. Pihak bank menginformasikan, kami bisa datang ke kantor Bank CIMB Niaga di Griya Niaga Bintaro untuk mendapatkan surat keterangan pelunasan beserta dokumen-dokumen rumah. 

Minggu depannya kami langsung datang ke Griya Niaga lantai 2. Ternyata prosedurnya sama sekali tidak ribet walaupun antriannya cukup panjang. Kami mengambil antrian dan menunggu dipanggil Customer Service. Prosesnya juga tidak memakan waktu lama. Sampai di lokasi pukul 10.00, dapat antrian no. 17, tapi prosesnya cepat jadi pukul 11.00 sudah selesai.

Nah, itulah pengalaman kami melakukan pelunasan KPR dipercepat di Bank CIMB Niaga. Perlu diketahui, tulisan ini sifatnya hanya sharing pengalaman. Selalu ingat untuk cek dan ricek kembali semua transaksi keuangan dan informasi resmi serta detail dari bank untuk mencegah tindakan penipuan. 

Semoga bermanfaat :).

Wassalaamualaikum.


4 comments:

  1. Alhamdulillah yah Mi, bebasssss merdekaaaaa hihihi

    ReplyDelete
  2. Alhamdulillah selamat Mia.. hati riang tenang tanpa utang yaaa ^^

    ReplyDelete
  3. Catet dulu. Siapa tau suatu saat membutuhkan :)

    ReplyDelete
  4. wah heubat Mia..alhamdulillah bgt ya

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...