Friday, 20 April 2018

Premium Moments: 2 langkah Membangun Karakter Anak melalui Bonding bersama Ibu





Assalaamualaikum,

*Mau disclaimer ya sebelumnya. Postingan ini mengandung curhat 😂.

Seminggu ini rasanya saya babak belur banget. Bukan babak belur abis berantem ya. Tapi rasanya lelah luar biasa tapi enggak bisa istirahat. Hahahha. *ini pun nulis sambil matanya uda jereng*. Kayaknya puncaknya beberapa hari ini karena capeknya uda mulai bikin nangis. 

Tiga hari ini adek bayi sakit flu, meler dan sulit tidur karena mampet hidungnya. Karena mampet, jadinya enggak bisa mimi. Walhasil, udah 3 malam berturut-turut begadang. Malam ini sih lumayan bisa tiduran jam segini. 2 malam sebelumnya saya sama Hubby gendong gantian. Lebih banyak saya sih yang gendong karena kasian liat Hubby besok harus ngantor. 

Dua malam kemarin alhamdulillah adek mau bobo digendong, tapi jadinya saya tidurnya sambil duduk sambil sekali-kali jalan kalau terbangun. Jadi beberapa hari ni kayak zombie karena kurang tidur. Hahahaha. 

Yang bikin tambah sibuk adalah berbarengan sama ulangan harian si kakak dan target setoran murojaah juz 30. Juga ditambah deadline beberapa pekerjaan jadinya saya mau nangis aja rasanya T_T. 

Tapi jadi ingat materi bagus yang saya dapet dari Blogger Gathering bersama Lotte Choco Pie weekend lalu mengenai bonding sama anak dan bagaimana pemberian apresiasi pada prestasi harian anak itu sangat penting. Jadi mau enggak mau mama kudu setrong dan semangat ya. 


Kalau sayanya semangat, pekerjaan jadi beres. Kakak Aira juga jadi lebih semangat menghapal suratnya. Saya berusaha mengapresiasi setiap ayat yang dihapalnya. Alhamdulillah anaknya sudah hapal sampai surat Al-zalzalah. Dan ia tambah semangat saat ia bisa mencapai prestasi kecilnya, sehingga semangat menggapai pencapaian yang lain. Alhamdulillah. Semoga Mama selalu bisa jadi ibu yang baik buat kamu ya, Nak :').



Dulu saya suka mikir, salah satu kelebihan jadi ibu rumah tangga itu adalah punya banyak waktu untuk memantau perkembangan anak dan mendampingi mereka setiap waktu. Kenyataannya? Menjadi ibu rumah tangga itu enggak kalah sibuknya karena rutinitas yang sangat banyak. Kadang karena kelelahan kita bisa juga lupa memberikan waktu khusus untuk bonding sama anak. Lupa juga memuji mereka. 

Mengapa sih waktu khusus untuk bonding sama anak itu penting? Toh, kan kita sebagai ibu rumah tangga selalu bersama mereka setiap waktu? 

Menurut Psikolog Anak, Anna Surti Ariani S.Psi., M.Sc., salah satu narasumber di Blogger Gathering bersama Lotte Choco Pie, waktu bonding sangat penting terutama seiring dengan orang tua yang sibuk, dan anak yang sudah masuk usia sekolah juga menjadi sibuk. Karena sama-sama sibuk, seringkali pencapaian kecil sehari-hari dari anak luput dari perhatian kita. Padahal pencapaian-pencapaian kecil ini merupakan prestasi harian yang layak diapresiasi. Jadi walaupun sibuk, orangtua harus menyempatkan waktu untuk bonding sama anak. Inilah yang kemudian disebut, Premium Moments.

Caranya sebenarnya mudah. Pertama, kita harus menyingkirkan semua gangguan seperti gadget, telepon, atau bahkan pekerjaan. Pastikan waktu kita betul-betul sama anak. Tidak cuma buat ibu rumah tangga, tips ini juga bisa dilakukan oleh ibu bekerja. Luangkan waktu, Bunda. Setengah jam saja sudah cukup. 

Ke dua, luangkan waktu untuk memberi reward atas prestasi hariannya. Prestasinya tidak perlu besar. Tapi berikan reward saat ia berhasil menyelesaikan misi-nya. Misalnya, saat anak yang lebih kecil menghabiskan makanannya. Jika berhasil, berikan reward pujian. "Wah, kamu hebat, Nak." Dan kita mungkin bisa tantang lagi anak kita untuk membereskan bekas makannya. Untuk anak yang lebih besar bisa kita tantang lagi untuk mencuci piring makannya sendiri. 

Reward bisa verbal dengan mengatakan "Kamu hebat!", dan jangan lupa sampaikan secara non verbal dengan memberikan tepukan, pelukan, atau intonasi yang memberi semangat. Yang paling utama, tentu saja kita harus memuji dengan tulus yah.

Enggak main-main lho. Pemberian apresiasi terhadap prestasi seorang anak, bisa berpengaruh pada jiwanya yang akan menjadi lebih percaya diri, lebih berempati, lebih peduli, dan lebih aktif saat usianya lebih dewasa. Pada akhirnya nilai-nilai baik ini yang nantinya akan membentuk karakternya saat sudah dewasa nanti. 


Kiri ke kanan: Oci Maharani dari Lotte Choco Pie, Brand Ambassador Carissa Puteri, dan Psikolog Anak Ana Surti Ariani.

Nah, kalau sudah ingat sama yang dikatakan Mbak Ana Surti Ariani itu, saya jadinya sadar kalau waktunya pembentukan karakter anak-anak kita itu sekarang. Bukan nanti-nanti. Mau enggak mau ya Mamak kudu setrong. Walopun capek (mamak ngaku sih sempet mewek juga sama si papa, hahahah). Tapi enggak boleh lama-lama karena waktu bonding ini berharga. Masa kanak-kanak itu kan cuma berapa tahun.  Jadi dinikmatin aja deh lelahnya biar nggak nyesel nanti di kemudian hari. Karena ini adalah Premium Moments.


Kalau Carissa Puteri bilang, premium momentsnya bersama anaknya Quenzino adalah saat sebelum tidur. "Q itu kalo tidur pasti maunya sama aku. Kalau sama orang lain tu ngobrol terus. Tapi kalau sama aku pasti deh ga lama tidur," katanya. Ia juga konsisten ngajarin tidying up atau beberes mainan setelah bermain. 

Menurut Mbak Oci Maharani, kali ini memang Lotte Choco Pie bikin campaign mengenai Premium Moments yang mengajak ibu-ibu di Indonesia untuk lebih menghargai premium moments bersama anak dan memberikan reward pada prestasi kecil yang diraihnya setiap hari. 

Kami pun para Mom Bloggers diajak untuk bekerja sama dengan anak-anak menghias frame foto. Seru deh 😄.





Ini dia hasilnya.




Salut deh buat campaign terbarunya Lotte Choco Pie ini. Enggak cuma kami, Mama-Mama lain di seluruh Indonesia juga diajak untuk lebih menikmati Premium Moments bersama anak-anak di rumah. Dan bahkan, kita bisa dapat hadiah utama jalan-jalan ke Jepang bersama keluarga!

Caranya gampang banget, log in ke www.lottechocopieindonesia.com/activity , dan tinggal vote video TVC yang bertema Homework, Shopping, atau Greeting. 


Kalau saya sih pilih homework, karena masa belajar adalah masa pendampingan yang penting buat saya. Kalau Mama premium moments-nya apa? Yuk pilih sesuai dengan kebiasaan kita di rumah. Kita bisa mendapatkan hadiah smartphone, shopping voucher, travel voucher, dan tentu saja hadiah utamanya yaitu jalan-jalan ke Jepang bersama keluarga.


Nah, tunggu apalagi? Yuk vote videonya. Periode voting berlangsung dari tanggal 12 April-13 Mei 2018 saja.

Wassalaamualaikum.

40 comments:

  1. Hadiahnya bikin mupeng yes,,,ke Jepanggggg.

    ReplyDelete
  2. Bener, ibu rumah tangga juga wajib punya alokasi waktu buat anak2 ya.

    ReplyDelete
  3. Liat Aira kemarin itu udah gede banget kayanya, beneran jadi teteh sekarang. Ga kerasa udah gede ya Mi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa.. Naeema juga ya Mba Des. Enggak kerasa huhuhu

      Delete
  4. Duh, aku hapal banget rasanya jadi zombie gitu hahaha. Tapi akhirnya tarik napas, lalu dinikmati saja :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha. Kalah deh sama masternya. Betul mba, dinikmati aja

      Delete
  5. Babak belurnya mak Mia insyaallah berkah ya, jadi ladang pahala dan tetap membuat anak-anak bahagia bisa dekat sama mamanya 😄

    Ikutan vote ahh biar bisa ke Jepang

    ReplyDelete
  6. Sudah kak,,aku udah ikut voting dan milih video homework soale aku banget sama anak2 hehe.

    ReplyDelete
  7. Jangan sampai deh ya kita melewatkan usia anak tanpa memberikan apresiasi ke anak ya mba

    ReplyDelete
  8. aku juga udah Vote nih, siapa tahu rejeki hehehe...

    ReplyDelete
  9. Iya ibu rumah tangga apalagi yang ngeblog jg gak kalah sibuknya ma ibu pekerja kantoran hahaha. Kudu pinter2 bagi waktu dan cari celah spy tercipta premium moment y mbak :D

    ReplyDelete
  10. Hahaha aku jadi zombie pas anak pertama. Anak ke dua ketiga keempat Alhamdulillah ngga

    Soalnya dah tau cara menidurkan mereka dimulai sejak bayi. Pas baru usia sehari langsung dikekepin gitu, jadi ke sananya gampang. Begitu juga pas waktu tidur selalu dipersiapkan setengah jam sebelumnya. Sudah "warning" dengan cara ritual menyeka badan, atau kalau di perjalanan malah mengganti bajunya dst

    ReplyDelete
  11. Anak2 dpt tugas hafalan surat dr sekolah mamanya juga jd ikut nghapal ya hehhe...semangat Aira

    ReplyDelete
  12. Semangat terus mak Miaaaaa, percayalah masa masa melelahkan pasti berlalu.. karena nanti anak anak bakal gede juga kaaaann.. malah kita yang kangen sama masa masa mereka kecil.. hihi. Sehat sehat terus ya kakak Aira dan adik bayiiii, jangan lupa jaga kesehatan juga ya mak Miaaaaa.. Semangaaaaaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa... Harus berusaha dinikmati ya Mak

      Delete
  13. Urang mupeng hadiah na euy, ikutan ahhhhhhh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yee... engke ketemu urag di Jepang yes

      Delete
  14. Yaa begitulah mba, ibu rumah tangga di rumah saja malah kadang lebih susah membangun bonding dengan anak, anaknya bocen ketemu muluk..hahaha. Aku udah vote videonya..semoga beruntung yess..

    ReplyDelete
  15. Kalau saya pilih Greetings mak. Hihihi. Semoga kita bisa menang ya maaak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Gapapa Mak, yang penting dapat hadiah kita yak

      Delete
  16. Seru banget acaranya yaaaa, kuselalu terharu kalo ikut parenting talkshow di acara Lotte Choco Pie ini, pasti banyak banget pelajaran baru yabg bisa kita dapet yaaaa

    ReplyDelete
  17. acaranya benar-benar membuat aku kembali tersadarkan bahwa meski mrk masih anak-anak mrk butuh apresiasi

    ReplyDelete
  18. Apresiasi emang perlu banget buat anak, ya. Kadang kita suka nggak sadar karena memang sudah seharusnya si anak bisa melakukan hal itu, padahal dia berjuang keras untuk bisa melakukannya tapi ketika bisa kita malah nggak kasih apresiasi.

    Thank's for remind, Mbak.

    ReplyDelete
  19. Pengen ke Jepangnya aku mah hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Asikk Aamiin.. semoga tercapai ya Maak

      Delete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...