Tuesday, 12 June 2018

Manfaat Pijat Bayi: Sentuhan Cinta Ibu untuk Kesehatan Bayi



Assalaamualaikum

Tulisan ini mau saya awali dengan pertanyaan buat pembaca yang ibu-ibu seperti saya. Sebagai ibu, pernah enggak memijat bayi teman-teman sendiri atau memijat anak kita waktu mereka masih bayi?  Sejujurnya, saya baru berani memijat Kakak Aira waktu bayi saat usianya sudah menginjak 3-4 bulan. Karena pijat bayi, walaupun saat itu sudah mulai ngetren dan sering terdengar, enggak pernah benar-benar saya saksikan di kehidupan sehari-hari. Dan, terutama, karena enggak ada yang ngajarin. 

Baby Aira dulu pertama kali dipijat sama dukun beranak, atau istilahnya "paraji" dalam bahasa sunda. Itu pun sekali saja waktu di Tasik di Rumah Papap dan Enin-nya Aira. Dipijatnya ya bukan pijat modern dan tampak sulit sekali buat saya yang masih ibu baru. Baru kemudian saya membuka salah satu paket hadiah JOHNSON’S® Baby dari seorang teman, saya menemukan VCD cara memijat bayi. Dan di situlah saya jadi tahu beberapa gerakan dasar pijat bayi yang mudah dan bisa dilakukan di rumah. Seperti gerakan pijat Butterfly dan Cross pada dada, gerakan mengayuh sepeda pada kaki, pijat I Love You, gerakan Milking India atau Swedia pada lengan, dan lain-lain. Dulu saya enggak ingat sih nama gerakan pijatnya, tapi cukup hapal dengan cara memijatnya. Selain bisa menenangkan, pijat bayi juga jadi semacam waktu bonding sama bayi kita.

Kalau sekarang, saya udah lebih pede kalau mau pijat baby Alia. Karena saya bisa dengan mudah menemukan tutorial pijat bayi di Channel YouTube-nya JOHNSON’S® Baby Indonesia. Dari bentuk persiapannya seperti apa saja, urutannya, dan bahkan simulasinya, jadi lebih jelas. Video di bawah ini salah satu contohnya,


Dan ternyata pijat bayi itu manfaatnya banyak sekali selain membangun ikatan (bonding) antara ibu dan bayi. Pertama, pijat bayi membantu merangsang stimulasi sensorik pada bayi yang merupakan kunci pertumbuhan, komunikasi, serta pembelajaran. Ke dua, kegiatan ini memicu stimulasi multisensorik yang membantu perkembangan psikologis dan emosional bayi serta melancarkan sirkulasi darah dan menguatkan sistem imunitas tubuhnya.

Enggak heran, perusahaan JOHNSON’S® Baby, sebagai salah satu perusahaan produk bayi terkemuka yang berfokus terhadap perkembangan holistik anak, meluncurkan inisiatif terbarunya yang diberi nama, “Sentuhan Cinta”. 

Apa sih program "Sentuhan Cinta" itu?

Jadi, Indonesia diperkirakan akan mengalami yang namanya Bonus Demografi selama periode 2020 – 2030. Yaitu saat jumlah orang di usia produktif akan mencapai sekitar 70 persen dari populasi. Ini artinya jika bayi memiliki kesempatan untuk tumbuh, mereka akan dapat meraih impian mereka di beberapa dekade ke depan dan memberikan kontribusinya pada pembangunan negara.

Nah, berangkat dari situ, program Sentuhan Cinta ini bertujuan mendorong ibu Indonesia untuk mendukung pentingnya sentuhan cinta ibu untuk kesehatan dan perkembangan bayi. Sentuhan Cinta bertujuan untuk memberikan bayi di seluruh Indonesia kesempatan yang sama untuk hidup agar mereka dapat tumbuh, berkembang, dan menggapai impian.

Melalui program Sentuhan Cinta, JOHNSON’S akan memulai perjalanan dan mengadvokasi para ibu di wilayah Indonesia dengan angka kematian bayi relatif tinggi seperti Maluku, Sumba, dan Sumatera Utara. Karena sesungguhnya, fase neonatal (fase 28 hari pertama pada masa hidup bayi) adalah saat paling krusial untuk pertumbuhan ke depannya).

Dalam program ini, JOHNSON’S® bekerja sama dengan Save the Children di Indonesia, Yayasan Sayangi Tunas Cilik untuk membantu edukasi ritual pijat bayi dan mandi bayi kepada para ibu di Indonesia melalui program “Kesehatan Ibu dan Anak”. Hebat ya? 

Dokumentasi program sentuhan cinta ini juga bisa kita lihat di instagram dan Channel YouTube-nya JOHNSON’S® Baby Indonesia.  Seperti di bawah ini,


Program Sentuhan Cinta di berbagai daerah di Indonesia.
Sumber: https://www.instagram.com/johnsonsbaby_id/

Di Jakarta sendiri, program "Sentuhan Cinta" ini mengajak teman-teman dari komunitas The Urban Mama  untuk hadir dalam Kelas Pijat Bayi yang diadakan pada Selasa, 5 Juni 2018 lalu di Gudang Gudang Yoga Studio, Kemang Timur. Di sana juga dipamerkan dokumentasi dari program Sentuhan Cinta ini. 
  


Sumber : The Urban Mama.

Teman-teman mau ikut berpartisipasi juga dalam program Sentuhan Cinta? JOHNSON’S® Baby telah bekerja sama dengan Alfamart dan Tokopedia sehingga para ibu seperti kita bisa berpartisipasi. Setiap transaksi pembelian semua jenis produk JOHNSON’S® Baby minimal Rp 25.000,- di Alfamart atau di Tokopedia, secara otomatis kita menyumbangkan Rp 500,- untuk Save The Children dan membantu mereka mendidik ibu lainnya di seluruh Indonesia agar bayi mereka tumbuh kuat dan sehat.

Buat teman-teman yang pingin tahu lebih banyak tentang cara memijat bayi serta program Sentuhan Cinta ini, cuss follow @Johnsonsbaby_id di Instagram atau bisa juga ke website JOHNSON'S® Baby  untuk lihat step by stepnya. Di Channel YouTube-nya juga banyak informasi penting buat Ibu-Ibu baru yang masih kagok dalam mengurus bayi newborn. 

Wassalaamualaikum.

No comments:

Post a Comment

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...