Bloggers di Era Broadband: Welcoming Smartfren Andromax #Go4GReady

Assalaamualaikum,

Temen-temen pernah enggak sih wondering kalau beberapa tahun terakhir ini banyak sekali orang yang terkenal karena video-videonya di YouTube atau instagram? Sebut saja akun @sakayuv , anak SMA yang bikin video-video kocak 15 detik tentang kehidupan sekolah di SMA. Atau @aronashab yang terkenal gara-gara video-video lucunya di instagram dan bisa mencapai cita-citanya jadi penyanyi dan bahkan jadi bintang sinetron.

YouTube juga tampaknya sudah memiliki banyak peminat. Terbukti dengan munculnya banyak film-film pendek yang jumlah penontonnya cukup banyak, dari serial AADC sampai serial islami. Di YouTube kita juga kita mulai bisa menemukan banyak channel lokal dari tutorial memasak sampai tutorial make up. Memang jumlah Vlogger di Indonesia belum sebanyak dari luar negeri sih, tapi saya pikir ke depannya YouTube akan jadi cukup menarik. 

Sekarang banyak musisi yang meluncurkan video klip mereka di YouTube lho, ketimbang di TV. YouTube juga dilirik oleh banyak brand untuk memasang iklan atau melakukan campaign. Enggak tanggung-tanggung mereka mendapuk artis-artis besar untuk berakting. Beberapa stasiun televisi juga mulai merekam acara talkshow dan beritanya dan ternyata memang peminatnya memang besar.

Saya pun termasuk orang yang biasa mengikuti perkembangan lewat YouTube. Di YouTube saya bisa menemukan tutorial memasak, tutorial hijab, fashion, review make-up, review teknologi, sampai berbagai talkshow yang seringnya saya tidak pernah tonton di TV. 

Makanya saya excited saat mendapatkan undangan #BloggerAndromax Gathering bersama Smartfren. Karena seperti yang kita ketahui, sekitar satu minggu sebelumnya Smartfren baru saja meluncurkan seri smartphone terbaru, Andromax 4G LTE, yang fiturnya sudah #Go4GReady . Menarik sekali mengingat 4G akan membuat internetan jadi semakin kencang dan otomatis bikin upload dan download video lebih cepat. 

Acara blogger gathering ini diadakan pada 14 Juni lalu di Tartine FX, Sudirman yang menghadirkan Founder dari Idblognetwork, Kukuh T. Wicaksono serta Marcomm Social Media dan Digital Smartfren Indonesia, Seno Pramuadji.

Mas Kukuh berbagi mengenai peran blogger di era broadband.

Mas Kukuh berbagi dengan para blogger mengenai peran mereka di era broadband. Menurutnya, blogger bisa menjadi profesi yang sangat menghasilkan. 

Jika kita melihat pada era tahun 2000-2004, saat itu friendster dan multiply mulai berkembang. Kemudian sekitar tahun 2008 Facebook mulai populer menggantikan friendster. Disusul oleh munculnya micro blogging yang sangat populer, twitter.

Pada sekitar tahun 2010-an, trend social media dan divisi digital mulai menjadi perhatian Brand-Brand yang ingin melakukan marketing produk mereka. Lalu belakangan jenis social media lain seperti instagram, pinterest, dan Path juga menjadi populer. Tahun ini, Mas Kukuh memprediksi bahwa tren video di YouTube, Vine dan Instagram akan menjadi sangat populer.

Tentu saja ini membuat tuntutan bagi para Blogger yang ingin jadi Blogger Profesional tambah banyak xD. Iyes, sekarang kita udah masuk era broadband, Sist. Jadi Blogger harus bisa main di banyak platform social media dan pandai membuat banyak konten juga.

Kabar baiknya, siapa saja bisa jadi Blogger Profesional. Namun tentu saja ada caranya. Berikut ini beberapa di antaranya,
1. Punya kemampuan story telling yang natural.
2. Memproduksi konten berkualitas (tulisan, gambar, audio, video).
3. Mengetahui tren dan buat konten mengikuti tren tersebut .
4. Memahami komunikasi interaktif di dunia digital.
5. Memahami bagaimana measurement terhadap dunia digital bekerja (SEO, conversion rate, unique visitor, dll).
6. Relasi yang baik dengan klien.

Phew! Kayaknya easier to be said than done yah *elap keringet. Hahahaha. 

Menurut Mas Kukuh, digital ad spending Brand di Indonesia masih termasuk rendah, hanya sekitar 10%. Namun demikian, dari diskusinya saya jadi berpikir mungkin ke depannya trennya akan terus naik. Mengapa?

Karena kemudian di sesi lain Mas Seno Pramuadji menyebutkan bahwa sebenarnya digital ad ini menarik. Digital ad di social media itu bisa diukur. Apalagi sekarang banyak brand yang mulai membuat akun media sosial. Masyarakat juga lebih senang komplain di twitter ketimbang mengangkat telepon dan menunggu mendapatkan antrian untuk bisa bicara dengan operator. Jadi tampaknya tren penggunaan dan kebutuhan akan internet bakal naik terus, bukan?

Ini merupakan kabar baik untuk para blogger yang ingin menjadi Blogger Profesional, namun tentu saja ini pun harus dibarengi dengan kualitas kecepatan internet yang memadai. Karena tanpa kecepatan internet yang memadai, masyarakat yang menjadi pembaca atau viewers kita akan kesulitan mengakses konten yang kita buat. 

Menurut survey pada tahun 2014, rata-rata kecepatan internet kita masih 2.5Mbps, jauh tertinggal dibandingkan Korea Selatan yang kecepatannya sudah mencapai 24.6Mbps. Logikanya, kalau internet makin cepat, maka masyarakat yang mengakses internet akan lebih banyak.

Untuk masa depan internet yang lebih cepat inilah, kini muncul teknologi yang disebut 4G LTE. LTE disebut-sebut akan menjadi jaringan nirkabel tercepat sebagai penerus jaringan 3G. 

Untuk menghadapi tantangan ini, maka Smartfren melakukan #Go4GReady dengan meluncurkan 5 smartphone yang sudah mampu beroperasi di jaringan 4G, yaitu Andromax R, Andromax Q, Andromax Qi, Andromax Ec, dan Andromax Es. Kelima gadget yang sudah ini adalah smartphone Andromax 4G Ready pertama di pasar Indonesia yang dibanderol dari harga Rp 999.000 sampai Rp 1.599.000 saja! Wow, harganya acceptable banget yah. 

Semua seri Andromax 4G LTE telah dilengkapi dengan Android OS 5 Lollipop. Kita juga bisa memilih berdasarkan fitur yang kita inginkan. Ada Cyanogen untuk Andromax Q, Front LED Flash untuk Andromax R dan E, Front Camera Wide Angle untuk  Andromax Ec dan Es. Kalo saya sih, dari kesemuanya naksirnya sama Andromax R. Karena sudah dual flash untuk kamera depan dan kamera belakang. Dengan kamera belakang 8MP dan kamera depan 5MP, harganya sangat acceptable banget. Sudah 4G Ready pula! :D 


Oiya, meski meluncurkan smartphone yang #Go4GReady, para pengguna smartfren yang masih menggunakan teknologi CDMA dan EVDO tidak perlu khawatir. Karena teknologi dan pelayanan CDMA dan EVDO masih berjalan normal seperti biasa.

Setelah acara talkshow selesai, kami para blogger diajak menuju booth Smartfren di Indonesia Cellular Show (ICS) di JCC untuk menyaksikan dan melihat secara langsung produk-produknya Smartfren terbaru ini. Tapi sebelum itu, kami foto-foto dulu dong :D.


Foto bersama para Pembicara dan para Bloggers.


Sebelum pergi ke JCC, kita coffee break dulu, yuk.

Sekitar pukul 14.30 kami mengunjungi booth Smartfren di JCC. Boothnya megah ya, Bok.

Foto bareng Oline di depan booth Smartfren.

Nah, di sini saya akhirnya ketemu sama smartphone yang saya taksir, Andromax R.

Kamera depannya 5MP.



Kamera depan ada autofocusnya juga.



Jadi asyik nonton YouTube.

Mejeng sama blogger-blogger keceh.

Terima kasih, Smartfren! Acaranya seru banget. Selamat datang teknologi 4G LTE! #Go4GReady !

Wassalaamualaikum.

Komentar

Memez mengatakan…
Naksirrr..... #CekDompet :)))
Arif mengatakan…
Andai aja punya dana, pengen beli tuh Smartphone terbaru dari Smartfren. Dari apa yang Mbak Mia uraikan begitu menarik dan sayang jika tidak di miliki.
Yeye mengatakan…
Pengennnnnn #ceksaldo :D
Yeye mengatakan…
Pengennnnnnnn #CekSaldo :D
Ila Rizky mengatakan…
Pengin smartphonenya. Udah langganan dari dulu pake modemnya, hehe :D
Lidya Fitrian mengatakan…
jernih ya hasil foto pakai kamera depannya
NiaNastiti mengatakan…
Tulisan Mba Mia makin bagus aja nih :)
Nia K. Haryanto mengatakan…
Wow... mau juga dong smartphone keren yg internetnya superkenceng kayak gitu....
Roswitha Jassin mengatakan…
Mau coffee break nyaaa hahaha *salahfokus
Unknown mengatakan…
Kerennya blogger masa kini. Gak cuma curhat sama bagi resep aja. Sudah bisa dijadikan profesi. Hpnya juga kerennn.
eda mengatakan…
hasil kameranya jernih yaaa... pengen punya yg beginian... apalagi kalo duitnya dari hasil ngblog ya mii :D
Desi mengatakan…
oalaah ternyata harganya acceptable yaak..kirain mehong secara 4G ngono.. ;))
Idah Ceris mengatakan…
Simpel lewat twitter kalau komplain. Ngga ngabisin banyak pulsa ya, Mbak. Paket inet dowang. :D

Kamera belakangnya mayan. 8MP euy.
Hilda Ikka mengatakan…
Huaaah PR baru nih: berburu teknologi 4G hihihi
Meisza Adilla Herssy mengatakan…
Huaaahhh kereennn yaa ka Miaaaaa, lama gak mampir sini niihhh
Keke Naima mengatakan…
weits jeren! Kamera depannya 5MP. Penting itu buat saya :D
Mia Fauzia mengatakan…
Mez beli meeez. Sekalian nitip, yes? Hahahaha
Mia Fauzia mengatakan…
Hahahaha kece banget ya smartphone nya :D
Mia Fauzia mengatakan…
Beli sist ya :D
Mia Fauzia mengatakan…
Mba Ila pake modem smartfren juga? Cocok ya :)
Mia Fauzia mengatakan…
Iya mba Lid, ini sayang difoto pake kamera hp lagi jadi kurang keliatan kecenya :)
Mia Fauzia mengatakan…
Ah Niaaa bisa aja... Nia mau makan apa? *eaa* :D
Mia Fauzia mengatakan…
Iya ni Mbaa. Udah 4G ready niiy
Mia Fauzia mengatakan…
Hahahaha... yuks kita ngebrownies Wit
Mia Fauzia mengatakan…
Iyes, Dani. Bener bangets.. pengen jadi blogger profesional ya
Mia Fauzia mengatakan…
Aaak... aamiin... Mba Eda... Allahumma Aamiin :D
Mia Fauzia mengatakan…
Iya harganya acceptable banget tapi segala bisa yes?
Mia Fauzia mengatakan…
Iya Idah. Aku pun liat kalo komplain lewat twitter biasanya dibalas dan ga lelah nunggu antrian
Mia Fauzia mengatakan…
Iyaa... ayo siap siaap :D
Mia Fauzia mengatakan…
Hahaha bisa aja Echa. Ini adeknya yang kece sibuk ujian n praktikum yaa kemarin
Mia Fauzia mengatakan…
Samaaaa! Haahahaha. Lain kali kudu wefie bareng ya Teh Chi :D

Postingan populer dari blog ini

Pilih-Pilih Gendongan (Review) : Geos, BabyK'Tan dan Hip Seat Carrier

Survey TK di Depok

Cerita Trimester Tiga: Pilih-Pilih Rumah Sakit (Biaya Melahirkan di Hermina Depok & Bunda Margonda)