Langsung ke konten utama

Mom & Daughter Outfits Idea (3 Tips Memilih Matching Hijab Outfit bersama Si Kecil)





Assalaamualaikum,

Halo! Apa kabar? Kayaknya minggu ini masih dalam suasana liburan ya sampai awal tahun nanti. Hari ini saya mau sharing tentang memakai baju kembaran bersama si kecil.

Sebagai Ibu-Ibu (yang maunya disebut) Muda dan pingin eksis bareng anak, ada saatnya kita kepingin pakai baju kembaran, samaan, atau senada sama anak. Misalnya untuk event pesta, lebaran, foto keluarga, atau sekedar seru-seruan saja. 

Saat memilih pakaian hijab kembaran dengan si kecil, ada beberapa tips saat memilih outfit. 


Tentukan Konsep Terlebih Dahulu.

Tentukan tema atau konsep pakaian sehingga menghasilkan look yang diinginkan. Misalnya apakah temanya casual, casual-formal, atau formal. Memiliki konsep pakaian juga memudahkan kita untuk mencari jenis bahan dan memilih model pakaian yang cocok.

Misalnya, pada lomba fashion mom & kids beberapa minggu lalu saya memilih konsep street wear. Karena tema besar-nya busana muslim, saya memilih pakaian panjang di bawah lutut nanmun tidak terlalu panjang sehingga masih memperlihatkan celana panjang. Atasan yang saya pilih adalah atasan yang berpotongan minimalis, clean, namun memiliki garis-garis dinamis yang tidak biasa yang cukup menarik. Sebagaimana tema street wear kebanyakan, sepatu boots dikenakan untuk melengkapi penampilan.

Karena ini merupakan event lomba antar sekolah, maka saya usahakan penampilan si Bebe lebih standout dibandingkan penampilan mamanya. Agar lebih terlihat kesan serunya anak-anak, saya pilihkan boots warna ungu dan jilbab warna peach serta bandana bunga yang simpel.







Comfort is A Must.

Anda berkeinginan si kecil bisa tampil baik pada acara yang Anda hadiri sampai selesai? 

Saat memakai pakaian dengan satu tema, seringkali terjadi saat di mana si kecil 'menyerah'. Ada yang rewel karena kegerahan, tidak nyaman dengan jilbab, tidak nyaman dengan pakaiannya, atau tidak nyaman dengan aksesori yang dipakai.  Akhirnya biasanya tidak sampai satu jam si kecil menyerah melepas hijab atau aksesori yang dipakai.

Pertimbangkan kenyamanan anak Anda saat memilihkan outfit dan mendandaninya. Pilih bahan pakaian yang menyerap keringat seperti katun atau kaos. Hindari memilihkan bahan yang licin serta kurang menyerap keringat. 

Untuk aksesori, sebaiknya tidak memakai aksesori yang berlebihan. Pilih hijab yang tidak licin saat dipakai dan hindari terlalu banyak jarum atau bros. Saat mengikat rambutnya, pastikan ikatannya tidak terlalu erat namun tidak terlalu longgar. 

Saya memilihkan hijab instan bahan kaos jersey untuk si Bebe karena bahannya nyaman dan bentuknya dijahit sehingga tidak gampang melorot. Saya hanya menarik ujung jilbab ke atas dan menambahkan hiasan bandana bunga. Selain lebih girly, bandana ini berfungsi menahan bentuk jilbabnya agar lebih tahan lama. 

Tingkat kenyamanan anak tentu berbeda-beda, namun sebaiknya kita tetap membuatnya merasa nyaman agar acara berjalan lancar.




Pastikan Si Kecil Tidak Merasa Lapar.

Saya tahu ini tampak enggak ada hubungannya dengan memilih outfit. Tapi percayalah, anak kecil yang merasa lapar, walaupun sudah dandan kece, biasanya akan rewel. Tentunya kita ingin si kecil mengikuti acara hingga selesai dengan perasaan bahagia bukan?

Selalu siapkan makanan kecil yang mudah dibawa dan dikonsumsi. Pada jam-jam antara makan pagi dan makan siang, serta antara makan siang dan makan malam, biasanya si kecil akan mulai merasa lapar. Kita bisa menyelipkan makanan kecil kesukaannya di tas. Susu cair kemasan, roti, crackers, atau biskuit kesukaannya, adalah penunda lapar yang cukup baik.

Beberapa saat sebelum naik ke panggung si Bebe kebetulan merasa lapar dan saya memberikannya roti. Waktu makannya memang cukup mepet, tapi saya usahakan ia makan. Setelah makan tinggal pulas lipstik tipis deh.

Hari itu bocil seneng banget dan kami sama-sama mendapat pengalaman baru. Sampai waktunya pulang moodnya masih baik dan kami menemaninya main-main di playground sekolah sebentar.







Bebe's Outfit: Top (Casa Elana), Hijab (Kidsmii) *all are recommended*.
Mama's Outfit: Top (Dress Up for Faith), Hijab (Zumara)


Nah, itu dia beberapa tips memakai outfit hijab kembaran bersama si kecil dari saya. Semoga bermanfaat :).

Wassalaamualaikum.

Komentar

Lidya Fitrian mengatakan…
keren ya kalo punya anak cewe bisa bergaya
Roswitha Jassin mengatakan…
Cakep mah mia lucuu bebe nyaa ^^
Yeye mengatakan…
Tjakep kakaknyah.. Aira juga lucu :)
Desi mengatakan…
Mama mia slalu outstanding ni sama si bebe :)
Anne Adzkia mengatakan…
Ya ampuuun, lucu banget. Inspiring nih, belum pernah nyoba dandan kembaran sama anakku.
Fitri3boys mengatakan…
mama dan bebe cantik dan kompak
Eda mengatakan…
bajunya baguuuuuss.... tipsnya mantap. aku bbrp kali kembaran sama anak, waktu ke kondangan :D
Lia Harahap mengatakan…
Aku naksir bootsnya Bebe :D
Ayu mengatakan…
suka bajunya mba Miaa.. kereennnn...
nanti kalo anak cowo dikembarin sama bapaknya ya mba hehe
Idah Ceris mengatakan…
Aku juga suka kasihan kalau ngelihat anak kecil mau pentas tapi udahvkeliatan ngga semangat krn mgkin lapar. Jdi ngga ceria dan mempengaruhi perform juga ya, Mbak.
Ani Berta mengatakan…
Lucu2 ih posenya :)
Sama outfit-nya juga keren
Dwi Puspita mengatakan…
eh...baju mbak mia keren bangetttt..aku sukaaa
Indah Nuria Savitri mengatakan…
berduaaa lucuuu dan kompak :)..Cheeers Mia ;)
Zata mengatakan…
Miaaa, suka deh sama atasannya, hmm..tapi cocok gak ya kalo gw yg pake? tar kliatan tambah lebar, hihihi..

btw, itu boots-nya bebe lucuukkk...

Postingan populer dari blog ini

Pilih-Pilih Gendongan (Review) : Geos, BabyK'Tan dan Hip Seat Carrier

Assalaamualaikum, Sesuai judulnya, kali ini saya mau bandingkan tiga gendongan yang saya miliki, yaitu Geos (Gendongan Kaos), BabyK'Tan, dan Hip Seat Carrier (merk Mooimom). Postingan ini saya tulis karena cukup banyak orang yang bertanya di DM instagram mengenai gendongan ini. Kenapa saya pilih gendongan ini, lalu enak yang mana dan lain-lain. Karena itu saya pikir saya akan tulis di blog saja, supaya jika ada yang bertanya lagi tinggal saya share saja postnya. Jadi tidak perlu menjelaskan berkali-kali. Geos (Gendongan Kaos) Geos adalah gendongan pertama yang saya beli bahkan sebelum melahirkan. Gendongan tipe ini relatively termasuk murah, harganya di kisaran Rp 90.000-150.000 tergantung merknya.  Geos pertama yang saya beli online di @malilkids ukuran S, dan ternyata pas sampe saya coba kekecilan. Mungkin sayanya juga kepedean kali ya liat chartnya pilih S. Geos kedua hadiah dari teman, merknya Mere et Moi. Saya suka bahannya, sayang kekecilan juga karena ukuran

Survey TK di Depok

Assalaamualaikum, Seperti yang pernah gue janjikan, gue mau share hasil survey TK di Depok.  Hari pertama gue survey barengan sama Bu Pipit  ke Sekolah Alam Indonesia (SAI) dan Al-Azhar, hari ke dua ke Global Islamic Labschool (G-labs) dan Aisyiah bareng sama Mba Widya, temen satu cluster. Survey kali ini diniatin banget, karena setelah trial di Gymboree  gue belum survey lagi ke sekolah lain. Gue juga minta maaf kali ini gue cuma foto pakai tablet, jadi mungkin hasil fotonya ga sebagus pakai DSLR. Soalnya kalau pas survey bawa kamera rasanya ribet sekali. Hehehe... Okay. Let's start. TK Sekolah Alam Indonesia (SAI) SAI Depok lokasinya di Jl. Raden Saleh, tepat di pintu gerbang Studio Alam TVRI. Lokasinya termasuk lumayan deketlah dari rumah, tapi memang akses jalan termasuk jalan yang nggak terlalu besar dan banyak sekolah swasta lain yang berlokasi di jalan ini.  Gue penasaran dengan konsep sekolah alam yang katanya bagus dan ga bosenin. Katanya anak-anak dib

Cerita Trimester Tiga: Pilih-Pilih Rumah Sakit (Biaya Melahirkan di Hermina Depok & Bunda Margonda)

Assalaamualaikum, Bulan ini usia kehamilan saya sudah memasuki 36 minggu. Tidak terasa ya, kata beberapa orang. Tapi buat saya mah kerasa banget xD. Hahahaha. Ada rasa lega ketika menginjak masa-masa akhir kehamilan. Rasa syukur ketika akhirnya trimester pertama dan kedua sudah terlewati. Kehamilan kedua ini memang istimewa. Sempet ngalamin yang namanya bedrest, bolak-balik cek ke dokter, dan rasa lelahnya luar biasa. Padahal jaman hamil pertama dulu mah saya masih pake sepatu tinggi sampai usia 6 bulan kehamilan. Sampai usia 9 bulan masih kuat jalan-jalan naik motor. Sekarang? Boro-boro xD. Jalan setengah jam aja udah engap. Apalagi masuk trimester 3 ini. Perut rasanya sering menekan dan engap. Walaupun ternyata memang ini salah satunya disebabkan oleh placenta previa dan beberapa kondisi medis yang baru ketahuan setelah saya cek fetomaternal (mengenai cek fetomaternal ini insya Allah akan saya bahas di post yang lain). Satu lagi yang saya alami di trimester ini, seperti keh