Tuesday, 9 July 2019

Review : Hansaplast Spray Antiseptik #GakPakePerih

Assalaamualaikum,



Tidak terasa Aira sudah mau naik kelas tiga. Dan foto di atas diambil setelah ambil raport kelas 2 di sekolah. Aira mendapat peringkat 2 di kelas, alhamdulillah. Rasanya bangga dan suprised. 

Memang, di kelas 1 Aira mendapat peringkat 1. Tapi saya enggak kecewa, malah saya sangat bersyukur. Tahun ini kami melalui bulan-bulan yang melelahkan. Saya sendiri sering keteteran membagi waktu. Sepertinya kalau bukan karena kerja keras Aira sendiri, nilainya tidak akan sebaik itu. Terima kasih sudah bekerja keras ya, Aira.

Ngomong-ngomong soal sekolah, sejak masuk SD ini kegiatan Aira menjadi lebih banyak. Positifnya, Aira makannya lebih banyak dan lebih teratur. Kalau lapar atau pengen ngemil, pasti langsung bilang. Tapi sisi lainnya, karena mungkin di sekolah lebih banyak bergerak, jadi banyak bekas luka, terutama di lutut. Persis mamanya dulu sih. Hehehe.

Awalnya kalau jatuh suka cerita. Lama-lama mungkin jadi suka lupa karena disibukkan oleh kegiatan sekolah. Saya selalu ingatkan kalau terjatuh dan luka harus segera dibersihkan dengan air, walaupun di sekolah. Atau minta tolong sama Bu Guru agar diobati. Tapi namanya juga anak-anak. Kadang dia sendiri enggak ngeh kalau ada luka atau jatuh di mana. Kadang juga kalau lukanya besar, enggak cerita karena enggak mau dikasih obat luka yang menurutnya perih.

Untungnya belakangan ini saya menemukan obat luka spray yang cuma tinggal pencet aja tanpa menimbulkan rasa perih di luka. Jadi membersihkan luka enggak perlu nimbulin drama. Karena kalau obatnya bikin perih, biasanya anak seusia Aira bakal ngajak debat dulu.

Saat dicoba pertama kali, ternyata secara kasat mata emang isinya seperti air saja. Tidak ada bau, tidak ada warna. Tapi mengandung bahan-bahan yang bisa mencegah infeksi lebih lanjut pada luka. Namanya Hansaplast Spray Antiseptik. Ini dia produknya,



Penasaran jadinya kenapa bisa semudah itu dan gak pake perih. Saya pun mulai mencari tahu. 

Ternyata Hansaplast Spray Antiseptik ini kandungan utamanya Polyhexanide / PolyHexaMethylene Biguanide (PHMB). PHMB adalah zat antiseptik yang banyak digunakan oleh para dokter karena tidak perih, tidak berbau, dan tidak meninggalkan noda. Sifatnya yang tidak meninggalkan noda juga menjadi pilihan agar keadaan luka yang sebenarnya bisa terlihat tanpa tertutupi noda. 

Selama ini, PHMB sudah banyak digunakan di klinik dan rumah sakit, namun tidak dijual bebas. Namun Hansaplast sudah memformulasikan zat antiseptik PHMB ini agar dapar tersedia dalam bentuk produk OTC (Over The Counter), atau bisa dibeli bebas tanpa resep dokter. Pembersih luka ini juga memiliki tolerabilitas tinggi, efek sampingnya lebih sedikit dibanding zat antiseptik lain. Bahan aktifnya 0.1% Decyl Glucoside Tenside dan 0.04% Polyhexanide (PHMB) dalam larutan Ringer.


Wah, saya amazed juga. Soalnya cairan antiseptik ini dikemas dalam bentuk spray yang praktis dan enggak gampang tumpah juga. Karena cairannya transparan, saya juga jadi enggak perlu khawatir bakal meninggalkan noda di baju. Cara pemakaiannya tinggal disemprotkan pada jarak 10 cm ke seluruh luka. Ulangi jika dibutuhkan, kemudian secara perlahan, keringkan area di sekitar luka. 

Pengalaman sih rasanya memang seperti air saja. Dingin dan nyaman. Praktis banget buat ditaruh di rumah atau di mobil, sebagai pertolongan pertama pada luka. Juga untuk mencegah tumbuhnya mikro organisme pada luka dan mengurangi resiko infeksi.




Nah, kalau sudah disemprot Hansaplast Spray, kita tinggal lindungi lukanya dengan plester. Jika lukanya besar dan dalam, bisa dioleskan Hansaplast Wound  Care Ointment (Salep Penyembuh Luka) agar mempercepat penyembuhannya.

Tinggal pake plester. Nyaman, kan. Gak Pake Perih.

Overall, menurut saya produk ini penting banget kalau punya anak yang lagi aktif-aktifnya. Saya juga kepikir pengen punya satu lagi buat disimpan di mobil. Recommended.

Wassalaamualaikum.



6 comments:

  1. Makin lama makin banyak obat luka yang praktis :D

    Selamat Aira :)

    ReplyDelete
  2. Makin lama makin banyak obat luka yang praktis :D

    Selamat Aira :)

    ReplyDelete
  3. Lebih enak karena praktis tinggal semprot ya mbak. Mau sediakan ah di rumah.

    ReplyDelete
  4. Wah selamat ya Aira, jadi peringkat 2 di kelas.

    ReplyDelete
  5. wah anti perih ya hansaplast ini

    ReplyDelete

I would love to hear your comments :).
Mohon tidak meninggalkan link hidup pada kolom komentar. Komentar dengan link hidup tidak akan di-publish.

You Might Also Like

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...